cara memperjelas video cctv
cara memperjelas video cctv semua merk, cara ini berlaku secara umum untuk hasil rekaman video lebih maksimal.

3 Cara Memperjelas Video CCTV Semua Merk

Membuat Video CCTV Semakin Jelas

Digibaru.com – Cara memperjelas video CCTV. CCTV saat ini telah menjadi perangkat yang berkembang sangat pesat. Dulu mungkin hanya bisa memantau video buram, tapi sekarang sudah banyak CCTV yang memiliki fitur perekaman Full HD.

Namun bila perangkat CCTV lama, biasanya hanya mendukung kualitas video 480p atau 360p saja, sehingga mungkin tampilan yang dihasilkan juga kurang maksimal. Bahkan dalam beberapa kondisi, CCTV Full HD juga kadang tampil buram.

Sehingga tentu saja harus ada tips atau cara untuk memperjelas rekaman CCTV. Namun sebelum masuk ke pembahasan utama, mari simak penyebab video CCTV tidak jelas atau buram terlebih dahulu.

Penyebab Video CCTV Tidak Jelas

Berikut ada beberapa hal yang menyebabkan video CCTV menjadi kurang jelas, simak ulasannya di bawah ini.

1. Resolusi Kamera Rendah

Sejumlah kamera CCTV memang memiliki resolusi yang rendah. Apalagi jika kamera CCTV tersebut tidak mendukung sensor CMOS dan inframerah, kualitas gambarnya juga menjadi semakin buruk.

Hal ini biasanya dimiliki pada kamera CCTV keluaran lama untuk yang terbaru biasanya sudah mendukung CMOS dan inframerah. Jadi bila Anda memiliki kamera CCTV lama, jangan salahkan kamera CCTV-nya jika memang tidak bisa menampilkan gambar dengan kualtas maksimal.

Baca: Perbedaan Kamera CCTV Indoor dan Outdoor

2. Settingan Resolusi Rendah

CCTV yang memiliki resolusi tinggi juga kadang menampilkan gambar buram karena secara default di-setting menampilkan resolusi rendah untuk menghemat sumber daya. Jadi, Setting-an CCTV diatur rendah tentu saja kualitas gambarnya menjadi kurang maksimal.

Biasanya CCTV keluaran baru memiliki resolusi 1080p, 4K, atau bahkan 8K, namun jangan bingung jika tampilan videonya tidak seperti yang kita harapkan. Pasalnya, kamera CCTV tersebut sudah di-setting untuk menampilkan video berkualitas rendah saja.

Cara Membuat Video CCTV Jelas

Untuk memperjelas rekaman CCTV, ada beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan. Dengan cara ini dijamin video CCTV makin jernih, jelas, tidak buram, tajam, tidak lag, tidak patah-patah.

1. Naikkan Resolusi Output di DVR

Dengan menaikkan resolusi output di DVR (Digital Video Recorder), tampilan video CCTV juga akan semakin tajam dan jernih. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah resolusi monitor juga harus support resolusi tinggi.

Sebab jika monitor juga memiliki kualitas yang rendah, itu sama saja membuat video rekaman CCTV buram. Meskipun sebelumnya kamera CCTV telah di-setting beresolusi tinggi.

Contohnya, jika monitor hanya support resolusi 4K, sedangkan kita setting CCTV pada resolusi 8K, maka yang ditampilkan di layar monitor hanya kualitas 4K, sesuai dengan resolusi layar monitornya.

Baca: Cara Menghapus Rekaman Video CCTV

2. Naikkan Sharpen Kamera

Solusi kedua untuk mempertajam atau menjernihkan video kamera CCTV adalah dengan menaikkan sharpen kamera CCTV. Sharpen adalah ketajaman gambar, semakin tajam gambar, semakin jelas juga video yang ditampilkan.

Namun sharpen tak bisa di-setting terlalu tinggi, sebab jika terlalu tinggi (terlalu jelas), itu akan menyakitkan mata kita. Pasalnya, sharpen yang terlalu tinggi justru akan membuat gambar tampak buram.

Umumnya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan klik kanan pada channel CCTV di DVR, selanjutnya cari pengaturan sharpen dan naikkan agar videonya semakin tajam dan jelas. Biasanya ini berbeda-beda pada masing-masing DVR.

3. Tambah Kontras

Terakhir adalah menambah kontras, ini bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan cahaya gambar supaya lebih dominan. Hal ini berfungsi supaya warna yang dominan bisa dipertajam dengan warna yang lebih terang.

Kontras adalah perbedaan warna pada sebuah foto atau video. Hal ini merujuk pada perbedaan warna gelap dan terang. Jadi, kontras juga bisa diartikan sebagai masalah cahaya yang kerap muncul termasuk pada kamera CCTV.

Adapun pengaturan kontras juga sama seperti sharpen, pada setiap DVR lokasi menunya bisa berbeda-beda. Jadi, Anda tinggal menyesuaikan saja dengan jenis DVR-nya, apakah Hikvision, Dahua, Panasonic, CP Plus, Avtech, atau yang lain.

Baca: Apakah CCTV Menyala Saat Mati Lampu atau Tidak

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai cara memperjelas hasil video cctv, semoga tutorial sederhana ini bisa membantu. Terutama bagi yang ingin membuat hasil video rekaman CCTV semakin jelas.

Kata Kunci:
software memperjelas hasil cctv, aplikasi perjelas video cctv, memperjelas hasil cctv