cara memperbaiki power supply cctv
cara memperbaiki power supply cctv yang rusak atau drop dengan mudah, kembali seperti sedia kala, diperbaiki dengan benar.

Cara Memperbaiki Power Supply CCTV yang Drop

Power Supply CCTV Rusak dan Drop

Digibaru.com – Cara memperbaiki power supply CCTV. Power supply atau sumber daya adalah salah satu komponen utama dari perangkat CCTV. Ini memberikan arus listrik yang membuat kamera CCTV hingga DVR menyala untuk menampilkan hasil rekaman video.

Fungsi dari power supply CCTV adalah mengubah arus tegangan AC ke DC, sehingga meminimalisir kemungkinan korsleting yang menyebabkan kerusakan pada perangkat CCTV. Komponen ini ada dalam berbagai jenis, tergantung tegangannya, yaitu 10A, 20A, 30A, dan seterusnya.

Jika tidak dirawat dengan baik, ada kalanya sebuah power supply CCTV tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan CCTV tidak menyala. Ada berbagai macam penyebab power supply CCTV tidak menyala, berikut pembahasannya.

Penyebab Power Supply CCTV Tidak Menyala

Kadang tanpa kita sadari, power supply pada CCTV bisa tiba-tiba mati atau tidak menyala. Ada beberapa hal yang bisa membuat power supply CCTV rusak atau drop, berikut di antaranya.

  • Terjadi korsleting listrik yang menyebabkan power supply CCTV rusak.
  • Terkena air yang menyebabkan power supply CCTV korslet.
  • Karatan karena sering tidak digunakan atau sering terkena air.
  • Sudah termakan usia dan body-nya rapuh, jadi kondisinya sudah rusak.

Ketika drop atau rusak, power supply CCTV memiliki beberapa ciri yang bisa dilihat secara visual, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Lampu indikatornya tidak menyala.
  • Ada bau menyengat pada kabel power supply CCTV ataupun perangkat CCTV, biasanya bau hangus seperti terbakar.
  • Terlihat adanya sekring yang putus, ini harus dilihat secara detail.

Baca: Cara Menghapus Rekaman Video CCTV

Cara Memperbaiki Power Supply CCTV Rusak

Jika sudah memastikan power supply CCTV rusak atau drop, langkah yang kita harus lakukan berikutnya adalah memperbaikinya. Cara memperbaiki power supply CCTV tergantung dari jenis kerusakan yang telah disebutkan di atas.

Adapun beberapa cara untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut.

1. Rusak Karena Korslet

Apabila power supply CCTV rusak karena korsleting listrk, biasanya ini menyebabkan tidak hanya power supply yang tidak berfungsi, melainkan juga seluruh perangkat CCTV juga akan mati.

Bahkan dalam kondisi terburuk, korsleting bisa menyebabkan kamera CCTV terbakar. Apabila ini terjadi, maka Anda harus segera mematikan aliran listrik agar tidak menyebabkan perangkat elektronik lain juga ikut rusak.

Untuk mengatasi masalah kerusakan karena korslet, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki ke tukang service CCTV atau ganti dengan yang baru. Pasalnya kondisi CCTV sudah tidak bisa digunakan kembali.

Baca: Merk Kamera CCTV Terkecil dan Spesifikasinya

2. Rusak Karena Karatan

Jika power supply kamera CCTV rusak akibat karatan, maka biasanya ini disebabkan karena kamera CCTV sudah lama tidak digunakan atau sering terkena air hujan.

Ketika kondisi ini terjadi, maka CCTV sudah pasti tidak bisa digunakan lagi. Dengan cara apapun, karatan tidak bisa dibetulkan, bahkan kita tidak bisa menyambungnya dengan kabel baru karena ditakutkan karatnya sudah menyebar sampai jauh.

Jika kerusakan power supply pada kamera CCTV terjadi karena kondisi ini, maka cara memperbaikinya hanya dengan diganti menggunakan yang baru. Anda bisa membeli power supply baru melalui toko online atau offline.

3. Rusak Karena Sekring Putus

Jika sumber daya atau power supply CCTV rusak karena sekring putus, bila terjadi hal ini, maka biasanya disebabkan karena daya dari power supply tersebut cukup tinggi.

Sekring putus biasanya tidak akan menyebabkan kerusakan pada perangkat CCTV, melainkan hanya mematikan dayanya saja. Jadi Anda tak perlu khawatir berlebihan apabila kondisi ini terjadi.

Cara mengatasinya kerusakan yang terjadi karena sekring putus sangat mudah. Anda cukup ganti sekring dengan tegangan yang lebih tinggi pada power supply, sehingga semakin stabil menerima arus listrik.

Baca: Cara Memperjelas Hasil Video CCTV

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai cara memperbaiki power supply cctv rusak, semoga tutorial ini bisa membantu bagi Anda yang ingin memperbaiki power supply CCTV yang rusak atau drop.

Agar kerusakan tidak terjadi kembali di lain waktu, Anda juga harus sering merawat dan memantau power supply-nya, termasuk kabel-kabelnya apakah ada yang rusak, karatan, terkena air hujan, dan sebagainya.

Kata Kunci:
Cara MEMPERBAIKI power supply CCTV yang drop