perbedaan cctv indoor dan outdoor
perbedaan cctv indoor dan outdoor meliputi kegunaan, kekuatan, fungsi, bentuk, desain, dsb.

Perbedaan CCTV Indoor dan Outdoor & Fungsinya

Beda CCTV Indoor dan Outdoor

Digibaru.com – Perbedaan CCTV indoor dan outdoor. Ada dua jenis CCTV berdasarkan penempatannya, yaitu CCTV outdoor yang dipasang di luar ruangan dan CCTV indoor yang dipasang di dalam ruangan. Masing-masing memiliki perbedaan.

Perbedaan tersebut terletak pada segi kegunaan, fungsi, kelebihan, dan kekurangan. CCTV Indoor sangat cocok dipasang di ruang keluarga, ruang tamu, tempat parkir dalam rumah, kamar pribadi, kantor, area meeting, mall, supermarket, dan sebagainya.

Sementara CCTV outdoor sangat bisa dipasang di area-area publik seperti tempat parkir luar ruangan, perempatan jalan, dekat lampu lalu lintas, area taman, tempat hiburan terbuka, area pertambangan, ronda, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, keduanya ada yang sama-sama menggunakan kabel dan DVR sebagai perangkat pendukung untuk konektivitas. Ada pula yang memanfaatkan jaringan wifi untuk mengirim data video ke CMS yang bisa dikelola di hp atau komputer.

Pada kesempatan ini, kami ingin membagikan penjelasan tentang perbedaan antara CCTV indoor dan outdoor. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya di pembahasan berikut ini.

Baca: Cara Setting CCTV IndiHome agar Online

Perbedaan CCTV Indoor dan Outdoor

Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut adalah perbedaan perangkat CCTV dalam dan luar ruangan yang perlu diketahui. Simak perbedaan tentang keunggulan, kelemahan, manfaat, spesifikasi, desain, fisik, bahan, dan sebagainya berikut.

1. CCTV Indoor

cara install ip camera

Kamera CCTV indoor merupakan perangkat kamera CCTV yang kerap digunakan untuk memantau aktivitas di dalam ruangan. Biasanya kamera CCTV jenis ini memiliki bahan pembuatan plastik fiber dan umumnya berdiameter 3,6 mm dengan rasio sudut pandang 70%.

Jika diperhatikan, bentuk CCTV indoor umumnya cenderung setengah bola atau tome. Kadang, CCTV ini juga nmemiliki ventilasi udara yang berfungsi untuk membuang suhu panas sehingga tetap optimal digunakan dalam waktu yang lama.

Kamera CCTV ini juga kadang memiliki bentuk yang dimodifikasi sedemikian rupa agar orang-orang tudak menyadari adanya kamera CCTV di dalam ruangan. Seperti CCTV bentuk lampu, CCTV jam dinding, CCTV gantungan baju, dan sebagainya.

Karena dipasang di dalam ruangan, CCTV jenis ini harusnya dipasang di atap rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kerusakan pada kamera dari anak-anak. Jika dipasang di luar ruangan, harus ada pelindung berupa atap mini.

Adapun tempat pemasangan kamera CCTV indoor, biasanya diletakkan pada ruang tamu, dapur, tempat tidur, tempat parkir dalam rumah, ruang kelas kampus dan sekolah, tempat perbelanjaan, perkantoran, dan sebagainya.

Baca: Aplikasi CCTV untuk Memantau Lalu Lintas

2. CCTV Outdoor

aplikasi cctv pc

Adapun kamera CCTV outdoor biasanya digunakan untuk dipasang di luar ruangan. Perangkat CCTV ini juga telah dilengkapi semacam atap kecil untuk melindungi kamera dari hujan, panas matahari, petir, kotoran, atau benda-benda lainnya yang bisa merusak kamera CCTV.

Jika diadu dalam segi ketangguhan dengan CCTV indoor, maka kamera CCTV ini jauh lebih unggul. Hal tersebut bisa dilihat dari Protection Code (Rating IP) yaitu IP66 mampu menahan semprotan air, bahkan bisa bertahan di dalam air maksimal 1 meter.

Kadang, CCTV ini juga memiliki kekuatan yang lebih disesuaikan dengan fungsinya, hal ini telah kami bahas pada macam-macam CCTV. Contohnya CCTV Explosion-Proof yang khusus diperuntukkan untuk ditempatkan di lokasi tambang atau area konstruksi.

Keunggulan lain dari CCTV outdoor adalah segi jarak pandang yang lebih luas. CCTV ini juga bisanya dilengkapi inframerah untuk membantu kamera bisa mengambil gambar dengan jelas dalam kondisi kelebihan atau kekurangan cahaya.

Adapun tempat pemasangan kamera CCTV outdoor atau luar ruangan ini, biasanya di dekat lampu lalu lintas, jalan raya, ruang terbuka, teras rumah, loby, tempat parkir terbuka, area wisata, serta tempat-tempat publik lainnya.

Baca: Cara Mengetahui CCTV Merekam atau Tidak

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai perbedaan antara cctv indoor dan outdoor, semoga pembahasan ini bisa memberi penerangan apa perbedaan di antara CCTV indoor dan outdoor secara lengkap dan terperinci.

Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, namun yang jelas ketika ingin membelinya, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.