account google lupa sandi

Reset dan Cara Mengatasi Account Google Lupa Sandi

Cara Reset Password Akun Google

Digibaru.com – Account Google lupa sandi. Akun Google adalah cara untuk mengakses beberapa alat terpenting di ponsel, laptop, dan perangkat Anda lainnya. Baik itu Gmail, Google Kalender, YouTube atau layanan lain yang disediakan oleh mesin pencari, memiliki satu kata sandi untuk mendapatkan semuanya jauh lebih mudah.

Tetapi sisi lain dari masalah ini adalah Anda tidak dapat mengakses salah satu dari mereka jika Anda lupa kata sandi itu. Namun jangan khawatir, karena sangat mudah untuk mengatur kredensial Google Anda. Inilah yang perlu Anda lakukan.

Tidak ada yang salah dengan mengubah kata sandi Gmail Anda. Itu selalu yang terbaik untuk mengubah kata sandi Anda untuk alasan keamanan. Selain itu, Anda tidak pernah tahu kapan pelanggaran keamanan akan terjadi atau jika seorang penjahat diam-diam telah mengkompromikan akun Anda.

Untuk memastikan bahwa pesan Gmail dan pengaturan akun Anda tetap rahasia, ubah kata sandi Gmail Anda setiap beberapa bulan. Bahkan jika Anda melakukannya, terkadang Anda bisa lupa kata sandi karena sering berubah.

Baca: Cara Menghubungi Customer Service Google Indonesia

Cara Mengatasi Account Google Lupa Kata Sandi

Jika Anda tidak ingat kata sandi Gmail Anda dan merasa telah mencoba memasukkan kombinasi apa pun, mungkin sudah waktunya untuk mengatur ulang jika Anda ingin mengambil email penting tersebut.

Untuk mengatur kata sandi kata sandi Gmail Anda, Anda harus memiliki email dengan nomor telepon Anda. Jika tidak, Google tidak akan mengirimkan kode verifikasi untuk menyetel ulang.

Dengan pengecualian salah satu dari dua persyaratan ini, Google mendorong Anda untuk mencoba masuk lagi, yang akan menghentikan Anda. Uniknya, jika Google memperhatikan bahwa Anda telah masuk ke perangkat itu terlebih dahulu, itu menunjukkan opsi kata sandi baru itu sendiri, apakah Anda telah memasukkan kata sandi yang sebenarnya atau tidak. Berikut cara mengatur kata sandi yang tak terlupakan.

  • Arahkan ke “Pemulihan Akun Google“.
  • Masukkan alamat email yang Anda coba temukan dan klik “Berikutnya.”
  • Segera setelah muncul, klik “Coba Alternatif.”
  • Minta kode verifikasi ke nomor telepon tertaut atau email cadangan Anda.
  • Jika Anda hanya memiliki salah satu dari keduanya, maka secara otomatis akan mengirim kode ke opsi terdaftar. Masukkan kode dan klik “Selanjutnya.”
  • Di layar “Ubah Kata Sandi”, buat kata sandi baru Anda, konfirmasikan, dan klik “Simpan Kata Sandi”.
  • Setelah menyimpan kata sandi baru Anda, layar pemeriksaan keamanan muncul. Klik “Lanjutkan.”
  • Anda kemudian akan melihat halaman “Akun Google”, dan kata sandi baru Anda akan diaktifkan.
  • Seperti disebutkan sebelumnya, langkah-langkah di atas memerlukan alamat email terdaftar, nomor telepon, atau keduanya.
  • Jika Anda tidak menyetel opsi keamanan, Anda tidak akan mengubah sandi yang terlupa kecuali Google mendeteksi bahwa Anda telah masuk ke perangkat tersebut terlebih dahulu.
  • Agar Google dapat melihat acara sebelumnya, klik “Coba Alternatif”, seperti yang ditunjukkan di atas pada langkah 3, dan masukkan kata sandi lama atau lama Anda.

Baca: Cara Membuat Akun Google Search Console

Tips Menggunakan Google Password Recovery

Sayangnya, akun Gmail bawaan dapat menjadi tantangan untuk diakses karena operator mungkin telah mengubah informasi telepon atau alamat email Anda, yang memengaruhi proses pengaturan kata sandi di atas.

Dengan semua fitur keamanan Gmail, termasuk otentikasi Google 2-Factor Authentication (2FA), pengalaman mengajarkan bahwa akun Gmail tidak dapat diakses.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan (dengan asumsi Anda sudah mencoba instruksi reset kata sandi) adalah kembali ke halaman Pemulihan Akun seperti yang Anda lakukan pada proses sebelumnya (Cara Mengatur Konfirmasi Gmail Anda jika UE Lupa). Kemudian gunakan tips berikut untuk mencoba lagi.

Beberapa kiat untuk membantu Anda memulihkan akun menggunakan Toolbar.

  • Gunakan perangkat standar, baik itu smartphone, browser, atau tablet. Jika Anda menggunakan akun Gmail di perangkat itu, kembali ke perangkat itu untuk pemulihan.
  • Saat Anda memilih untuk menggunakan sandi terakhir, Google akan menanyakan sandi terakhir yang Anda gunakan, tetapi kebanyakan orang menemukan bahwa sandi lama berfungsi dengan baik lagi untuk membantu Anda membuat sandi.
  • Saat menggunakan akun email pemulihan, gunakan alamat email pemulihan seperti yang Anda lakukan sebelum akun masuk.

Akhir Kata

Itu saja mungkin pembahasan dari kami mengenai akun google lupa kata sandi. Semoga informasi yang telah kami sampaikan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara mengubah atau mengganti kata sandi dan password di Google.