ban mobil kempes sendiri

5 Penyebab Ban Mobil Kempes Sendiri dan Cara Mengatasinya

Jakarta – Ban mobil kempes sendiri menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi. Padahal mobil jarang dipakai berkendara, kenapa roda bisa kehilangan angin?

Ban mobil kempes dan sering kurang angin, tapi kita merasa tidak bocor. Hal ini bisa terjadi pada ban tubeless atau non-tubeless, jika dipaksa dibawa jalan maka justru akan merusak mobil.

Penyebab Ban Mobil Sering Kempes Sendiri

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat ban mobil bisa kempes sendiri, meski lama tidak digunakan. Berikut ini penyebabnya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pelek Mobil Rusak

Supaya ban tidak robek dari rim pelek pada saat bekerja, maka di bagian samping ban dikelilingi kawat baja yang dinamakan dengan bead. Kawat itu tertahan pada pelek saat diisi udara.

Pelek mobil yang rusak pada dudukan ban dapat membuat ban tak mampu menempel rapat dengan pelek. Hal tersebut menyebabkan udara di dalam ban keluar perlahan.

Pelek ban mobil bisa rusak karena mobil sering menghantam lubang di jalan dengan kecepatan tinggi. Atau juga karena pelek berkarat dan menimbulkan lubang, terutama pada pelek besi atau non alloy.

Baca: Asuransi Mobil Terbaik TLO dan All Risk

2. Bocor Halus

Ada juga kemungkinan ban mobil bocor halus sehingga udara di dalamnya keluar secara perlahan. Kejadian ini juga bisa terjadi pada ban tubeless.

Meski tidak terlihat bocor, namun mengeluarkan angin karena ada benda asing menusuk telapak ban. Bisa juga tambalan pada ban mobil non-tubeless lepas sehingga membuat udara keluar.

3. Pentil Ban Rusak

Pentil berfungsi menjadi penghubung alat pengisi udara dengan ban. Masalahnya, jarum pentil bisa mengalami kerusakan yang membuat udara bisa melewatinya.

Pentil juga menempel di pelek mobil sehingga karet pentil yang bersinggungan dengan pelek dapat robek. Hal ini juga membuat roda mobil kerap bocor perlahan.

Terlebih jika lubang pelek ternyata dijadikan sebagai dudukan pentil. Itu membuat masalah, seperti membentuk sudut tajam atau rusak karena berkarat.

Baca: Spesifikasi Motor Listrik Smoot, Cuma Rp 13 Juta

4. Suhu Lebih Dingin

Ketika suhu dingin di dalam mobil, akan membuat tekanan udara ban ikut turun dan kempis. Suhu dingin juga bisa menyebabkan tekanan udara ban turun dan kempis.

Suhu dingin juga dapat membuat karet ban mengerut sehingga terbentuk ruang kosong antara ban dan pelek. Ruang kosong inilah yang membuat udara di dalam ban perlahan keluar.

5. Ban Mobil Memiliki Pori-pori

Bahan dasar utama ban mobil adalah karet alami yang memiliki pori-pori sangat halus dan tidak terlihat oleh mata. Udara pada area bertekanan tinggi bisa mengalir ke area yang tekanannya lebih rendah.

Sehingga membuat udara di dalam ban bisa keluar lewat pori-pori yang kecil. Terlebih jika mobil berdiam di satu posisi dalam jangka waktu lama, seperti ketika parkir di rumah.

Cara Mencegah Ban Mobil Kempes Sendiri

Pemilik mobil disarankan mengecek tekanan angin ban, setidaknya seminggu sekali. Tidak ada salahnya menyimpan alat pengukur tekanan udara ban sekaligus kompresor portabel untuk mengisi udara.

Pastikan juga tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan. Sempatkan juga untuk mengecek kondisi fisik lain dari ban, pentil, serta pelek dari kebocoran maupun masalah lainnya sehingga masalah kenapa ban mobil kempes sendiri tidak akan Anda alami lagi.

Kata Kunci:
berita seputar otomotif motor, roda mobil kempes