fingerprint xiaomi tidak berfungsi
Cara mengatasi dan memperbaiki fingerprint (kunci jari) di hp Xiaomi Redmi tidak berfungsi, tidak merespons, rusak, serta sulit digerakkan.

6 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi

Memperbaiki Kunci Jari di Xiaomi Rusak

Digibaru.com – Cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi. Salah satu metode keamanan untuk membuka kunci layar hp di smartphone Xiaomi adalah melalui fingerprint.

Fitur ini memiliki banyak keuntungan karena jari seseorang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga, dengan demikian hanya si pemilik hp yang bisa membuka kunci layarnya.

Tapi masalahnya, ketika jari kita sakit, kulit mengelupas, dan ada permasalahan yang membuat sidik jadi tidak bisa digunakan dengan baik. Maka, kita tidak bisa membuka hp Xiaomi Redmi MIUI kita.

Oleh karena itu solusiya ada dua macam, menggunakan PIN/pola untuk membuka kunci atau reset kata sandi fingerprint. Di sini kami akan menjelaskan cara mengatasi fingerprint Xiaomi yang tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Fingerprint HP Xiaomi Tidak Berfungsi

Berikut adalah tutorial, panduan, dan langkah-langkah mengatasi fingerprint pada hp Xiaomi. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

1. Pastikan Sidik Jari Bersih

Sensor fingerprint menjadi salah satu teknologi yang paling sensitif untuk membaca sidik jari. Maka dari itu jika sidik jari Anda bermasalah atau kotor, sistem hp tidak bisa membacanya dengan baik dan benar.

Untuk mengatasinya maka Anda perlu mencuci tangan terlebih dahulu, bersihkan dari kotoran, keringat, dan air. Selain itu pastikan juga di sisi fingerprint juga tidak rusak alias bersih tanpa kotoran.

2. Flash ke ROM Resmi Global Stable

Cara selanjutnya adalah melakukan flashing pada ROM abal-abal ke ROM global stable. Cara ini juga sudah kami bahas pada kesempatan sebelumnya dalam tutorial cara ganti ROM hp Xiaomi.

Mengapa perlu ganti ke ROM global stable? Sebab ROM tersebut sangat stabil dibandingkan ROM abal-abal atau palsu yang memiliki bannyak kekurangan. Solusi ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi masalah fingerprint pada hp Anda.

3. Restart HP Xiaomi

Langkah berikutnya Anda bisa mencoba restart hp Xiaomi. Karena kadang ada kesalahan sistem yang tidak bisa diselesaikan jika kita tidak melakukan restart hp Android terlebih dahulu.

Banyak kasus yang juga bisa diselesaikan dengan restart hp Xiaomi. Selain mengatasi permasalahan sidik jari yang tidak terbaca, restart Xiaomi juga bisa menjadi tips menguatkan sinyal hp Xiaomi.

4. Reset HP Xiaomi

Berikutnya Anda juga bisa mencoba reset hp Xiaomi. Bila masalah tersebut tidak bisa diselesaikan dengan dua cara di atas, maka kembali ke pengaturan pabrik bisa menjadi opsi untuk memperbaikinya.

Meski terlihat speele, namun banyak masalah pada perangkat hp Android dan MIUI bisa dengan cepat teratasi hanya setelah melakukan reset. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyegarkan kembali sistem atau kinerja hp Xiaomi.

5. Upgrade ROM MIUI Terbaru

Tujuan developer menciptakan ROM MIUI terbaru adalah untuk meminimalisir adanya bugs pada perangkat Xiaomi. Selain itu kita juga bisa mencicipi banyak fitur baru yang tidak ada pada versi sebelumnya.

Peyebab fingerprint bermasalah juga bisa terjadi karena sistem tidak update. Maka dengan itu kita bisa melakukan update atau upgrade ROM ke versi terbaru agar bisa menyelesaikan permasalahan fingerprint tidak terbaca karena kesalahan sistem.

6. Bawa ke Service Center Xiaomi

Langkah terakhir adalah membawanya ke service center Xiaomi. Bila cara-cara di atas tidak bisa membantu Anda, maka permasalahannya mungkin ada pada hardware atau sensor yang sudah rusak.

Sehingga Anda perlu membawanya ke tukang service. Karena di sana hp Anda akan dicek secara menyeluruh untuk mengetahui titik permasalahn sekaligus memperbaikinya, namun Anda harus menyiapkan biaya untuk perbaikan kecuali ada garansi Xiaomi yang masih berlaku.

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai cara memperbaiki fingerprint xiaomi tidak berfungsi. Mudah-mudahan bisa mengatasi permasalahan Anda sehingga hp Xiaomi Anda bisa terbuka kembali.

Baca: