cara mengecek masa aktif telkomsel
Anda pengguna Telkomsel prabayar dan Halo? Begini cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel Anda. Jangan lupa perpanjang agar tidak hangus.

3 Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Digibaru.com – Bulan Juli 2021 lalu, Telkomsel resmi meluncurkan Telkomsel prabayar (Gabungan SimPATI, As, dan Loop) dan Telkomsel Halo (Layanan pascabayar kartu Halo). Nah, Anda pengguna setia Telkomsel tidak perlu bingung. Ini cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel Anda. Tidak berubah drastis, malah lebih sederhana dan mudah! 

Cara Memeriksa dan Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

Sebagai bagian dari penyederhanaan yang ingin dicapai oleh Telkomsel, situs resmi mereka www.telkomsel.com menyebutkan 3 cara mengecek nomor Telkomsel khususnya untuk pengguna Telkomsel prabayar yang ingin melihat informasi masa aktif dan jumlah pulsa mereka. Berikut keterangan ringkasnya. 

1. Cara Cek Pulsa Telkomsel dan Masa Aktif Menggunakan Kode USSD

Pada layar panggilan HP, tekan *888#. Kemudian, klik tombol panggilan (Call/Dial). Pilih menu ‘’Cek Pulsa’’ untuk menampilkan informasi jumlah pulsa dan masa aktif kartu Anda. 

2. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Pertama, download aplikasi Mytelkomsel di playstore (Android) atau Appstore (IOS). Kemudian, ikuti proses registrasi sesuai petunjuk. Lalu, login ke aplikasi menggunakan nomor Telkomsel Anda dan link yang dikirimkan melalui SMS. 

Setelah itu, informasi jumlah pulsa dan masa aktif kartu akan langsung ditampilkan pada layar utama aplikasi. Anda juga bisa melakukan proses yang sama untuk cek pulsa dan masa aktif Telkomsel pada menu MyTelkomsel yang tersedia di situs resmi mereka. 

Untuk pengguna Telkomsel Halo, informasi yang ditampilkan adalah jumlah pemakaian, batas pemakaian, dan rincian biaya tagihan. 

3. Tanya Veronika (Asisten virtual Telkomsel)

Si Veronika ini siap ditanya 24 jam loh. Bisa kita temui dengan mengunjungi situs resmi Telkomsel atau aplikasi MyTelkomsel. 

Cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel ke Veronika di web Telkomsel: Coba kenalan dulu! Anda bisa mulai menyapa ‘’Hi’’. Kemudian, dia akan tanya nomor Telkomsel Anda. Setelah itu, kode OTP akan dikirimkan ke nomor Anda untuk verifikasi. 

Lalu, ketik info yang Anda butuhkan. Bila tidak ada di daftar, ketik ‘’Menu’’ untuk akses info yang lebih lengkap. Kemudian, pilih menu ‘’Tagihan/Sisa Pulsa’’. Pilih ‘’Tagihan’’ kalau Anda pengguna layanan Telkomsel Halo. Untuk pengguna Telkomsel Prabayar, pilih menu ‘’Sisa Pulsa’’ untuk mengecek masa aktif kartu Telkomsel dan sisa pulsa Anda. 

Cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel ke Veronika di aplikasi MyTelkomsel: Setelah login di MyTelkomsel pada HP Anda, Veronika bisa kita temui dengan menekan tombol ‘’Menu’’ di bagian pojok kanan bawah. 

Kemudian, pilih menu ‘’Help Center’’ dan pilih ‘’Chat with Veronika’’. Setelah itu, prosesnya sama seperti di situs Telkomsel. Namun, lebih singkat karena tidak perlu menyebutkan nomor lagi. 

Periksalah masa aktif kartu Anda secara berkala, khususnya bila Anda sering berada di rumah karena dampak pandemi. Kecenderungan untuk lalai memeriksanya bisa terjadi karena sudah terbiasa mengandalkan wifi di rumah. Atau, karena punya banyak nomor. 

Baca: Cara Cek Sisa Pulsa Indosat Terbaru

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel 

Cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel bisa dilakukan selama masa tenggang belum berakhir (30 hari). Yaitu dengan melakukan pengisian pulsa atau pembelian paket data (Khusus prabayar). Atau, Anda bisa melakukan pembelian masa aktif menggunakan pulsa yang tersisa. 

Khusus pengguna pascabayar, wajib melakukan pembayaran tagihan sebelum jatuh tempo. Terus bagaimana kalau sudah lewat masa tenggang? Tenang, Anda pengguna Telkomsel prabayar yang sering mengalami ini, masih punya waktu maksimal 59 hari sejak masa tenggang berakhir* sebelum nomor Anda benar-benar hangus. 

Pertama, laporkan ke call centre/media sosial resmi mereka. Customer service Telkomsel akan mengarahkan Anda untuk migrasi kartu ke layanan pascabayar namun dengan nomor yang sama. 

Hanya ini satu-satunya cara untuk mempertahankan nomor Telkomsel prabayar Anda. Tentu saja, ini lebih merepotkan kalau sudah terlanjur terjadi**. Jadi, akan lebih bijak bila Anda lebih waspada memperhatikan masa aktif kartu Anda.

Baca: Cara Unreg Kartu Indosat IM3

Nah, ada 1 lagi cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel di hp, sisa pulsa atau tagihan Anda. Yaitu dengan melakukan panggilan ke call centre resmi Telkomsel di nomor 188. Tenang saja, tidak akan kena biaya pulsa! Kecuali kalau Anda memilih untuk berbicara dengan operatornya misalnya untuk mengajukan keluhan/komplain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *