cara kerja timer kulkas

Fungsi dan Cara Kerja Timer Kulkas 1 atau 2 Pintu

Digibaru.com – Fungsi dan cara kerja timer kulkas. Di dalam kulkas, terdapat timer atau pengatur waktu yang fungsinya hampir mirip seperti timer yang ada pada TV dan AC di masa sekarang.

Timer pada kulkas adalah alat yang mengatur kapan mesin kompresor akan bekerja dan kapan mesin kompresor akan berhenti standby atau bahasa awamnya istirahat. Tidak semua kulkas memiliki timer di dalamnya.

Timer kulkas berbeda dengan defrost timer, yaitu peralatan listrik yang digunakan sebagai pewaktu saat mencairkan es di evaporator. Defrost timer dipakai pada kulkas no frost untuk mengontrol pencairan es.

Pasti banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara kerja atau fungsi timer pada kulkas, baik yang 1 pintu dan 2 pintu. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan secara rinci kepada Anda.

Pengertian Timer Kulkas

Seperti mesin pendingin ruangan yang memiliki timer, kita bisa mengatur berapa jam AC akan menyala mendinginkan ruangan. Kemudian AC akan mati sendiri setelah beberapa jam ke depan sesuai yang sudah kita setting.

Tapi berbeda dengan kulkas, fungsi timer pada kulkas 2 pintu yaitu untuk mengatur waktu secara otomatis kapan kompresor, fius panas (defrost), dan fius dingin akan bekerja. Timer kulkas juga mengatur kapan semua alat tersebut akan standby bergantian.

Baca: Kulkas Sharp vs Aqua Bagus Mana

Ini Cara Kerja Timer pada Kulkas

Cara kerja timer pada kulkas 2 pintu yaitu jika kita pertama kali menghubungkan kulkas ke listrik, timer akan mengatur aliran listrik ke mesin kompresor supaya bekerja untuk mendinginkan ruangan dalam kulkas. Apabila sebelum kulkas dicolokkan, timer berada di posisi standby.

Tapi jika timer berada pada posisi sandby sebelum kulkas dicolokkan, mungkin Anda harus menunggu beberapa saat baru mesin bisa menyala atau bekerja. Setelah ruangan kulkas terasa dingin, maka timer akan memutus arus listrik dari kompresor.

Kemudian timer berganti menyambungkna arus listrik pada fius defrost (fius panas) untuk mencairkan bunga es di evaporator. Bunga es yang mencair ini berfungsi supaya kulkas bersih sehingga aliran udara bisa semakin lancar masuk ke dalam kulkas.

Jenis timer kulkas biasanya ada dua jenis, yaitu Timer 1-3 atau Timer 1-4. MAsing-masing perbedaannya terletak pada power supply. Jika itmer 1-3 arus listriknya pada nomor 3, sedangkan timer 1-4 arus listriknya pada nomor 4. Perhatikan gambar berikut:

diagram timer kulkas

Jadi, semua alat yang ada di adlam kulkas 2 pintu dikendalikan oleh timer supaya dapat bekerja dengan baik. Terutama untuk memastikan supaya kulkas tetap dingin menjamin makanan awet dan tahan lama.

Peran timer sanfatlah penting, apabila timer rusak maka mesin akan terus menyala dan fius defrost tidak akan bekerja. Evaporator pun akan mengalami pembekuan es, begitu pula jika mesin tidak nyala tentu kulkas tidak bisa dingin.

Baca: Review Kulkas Beko vs LG Bagus Mana

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai cara kerja timer pada kulkas. Mudah-mudahan informasi yang kami bagikan di atas dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai cara kerja pengatur waktu pada lemari es.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *