cara merawat kulkas

7 Cara Merawat Kulkas agar Tidak Cepat Rusak

Digibaru.com – Cara merawat kulkas agar awet. Bagi yang bagu membeli kulkas baru, perlu mengetahui cara merawat dan menjaga supaya lemari es yang Anda beli tidak cepat rusak, awet, dan selalu dingin.

Seperti diketahui, di masa sekarang kulkas menjadi kebutuhan yang sangat penting di rumah tangga. Terutama karena fungsinya yaitu untuk menyimpan makanan dan minuman sehingga lebih tahan lama.

Ada banyak juga kulkas yang ditawarkan dengan harga mahal, namun kualitasnya jelas terbaik, awet, daya listrik rendah, dan tahan lama. Tapi meski kulkas Anda berkualitas, jangan abai untuk merawatnya.

Di kesempatan ini kami memiliki beberapa tips untuk Anda tentang cara merawat kulkas baru agar lebih dingin. Anda dapat melihat ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca: Review Kulkas Beko vs LG Bagus Mana

Ini Cara Merawat Kulkas Baru Supaya Dingin Terus

Langsung saja mari kita simak penjelasan dan pembahasan lengkap dari kami mengenai cara merawat lemari es baru agar tetap awet, dingin, tahan lama, serta tidak mudah rusak. Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Penempatan Kulkas

Anda harus menempatkan kulkas di lokais yang benar, kuncinya yaitu hindari lokasi yang terlalu panas agar kulkas awet dan tahan lama. Lokasiterlalu panas hanya akan membuat kompresor kulkas bekerja lebih keras.

Hal tersebut akan berujung pada kulkas yang cepat rusak. Selain itu kriteria lain yang bisa Anda upayakan adalah menjauhkan oven dan perangkat rumah tangga sejenis, serta menjauhkan dari pencahayaan matahari langsung.

2. Rajin Dibersihkan

Salah satu cara merawat kulkas awet dan tahan lama berikutnya yaitu memastikan unit kulkas menjalankan fungisnya dengan baik. Bagian yang biasa ada di belakang atau di bawah unit kulkas rentan kotor tertutup debu.

Apabila sudah kotor, segeralah dibersihkan karena kinerjanya tidak akan maksimal kembali. Cara terbaik membersihkannya yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner, setidaknya satu bulan sekali.

3. Jangan Meletakkan Barang di Atas Kulkas

Bagian atas kulkas memang kadang menjadi tempat yang menarik untuk menaruh barang, seperti kunci motor, gelas, berkas, atau snack. Tapi jika Anda tidak ingin kulkas cepat rusak, jangan biasakan hal tersebut.

Kebiasaan buruk itu hanya akan memicu keluarnya panas dari proses kerja mesin. Jika bagian atas tertutup barang lain, panas akan terperangkap dalam unit dan mesin kembali bekerja lebih keras untuk menjaga kulkas tetap dingin.

Anda pun perlu memastikan tidak ada barang di permukaan atas unit kulkas serta rutin membersihkannya dari debu. Sebab, debu yang menumpuk juga bisa menjadi pemicu terhambatnya energi panas yang ada di kulkas untuk keluar.

4. Rawat Karet Pintu

Bibir pintu pada kulkas umumnya terbuat dari karet, bagian ini juga perlu untuk dijaga kelayakannya. Apabila mereka tidak lagi mampu tertutup secara rapat, mesin kulkas akan bekerja lebih keras mempertahankannya.

Anda bisa merawatnya dengan cara membersihkan bagian pintu berbahan karet elastis tersebut. Selain itu penting pula diingat, jangan pernah menunda untuk menggantinya bila Anda menemukan kerusakan sekecil apapun.

5. Isi Kulkas Secara Wajar

Kepadatan isi kulkas juga berpengaruh pada sirtulasi udara dingin di dalamnya. Apabila terlalu penuh, maka sirkulasi akan terhambat. Tapi jika terlalu kosong, mesin akan kesulitan mengisi kekosongan ruangan yang ada dan berujung pada pekerjaan mesin menjadi lebih keras.

Tips lainnya jangan meletakkan barang terlalu besar di depan kipas internal lemari es. Berikan barang-barang di dalam kulkas jarak minimal 1-2 inci serta imbangkan jumlah antara satu rak dengan yang lain.

Anda juga bisa mengisi kekosongan ruangan pada kulkas dengan botol atau wadah berisi air. Ketika ingin membekukan es pada freezer, Anda bisa memastikan ada uckup banyak ruang kosong supaya air yang ada di dalam wadah bisa menyebar serta tidak berujung mengendap jadi satu gumpalan es.

6. Defrost Ketika Dibutuhkan

Saat kulkas tertumpuk es karena kelalaian pengguna, mesin akan terkena dampak buruknya karena harus bekerja lebih keras lagi. Meski saat ini sudah banyak unit kulkas yang dikatakan frost-free, tapi kita harus tetap waspada.

Anda bisa memasukkan makanan atau minuman ke dalam kulkas hanya pada saat keduanya sudah berada dalam suhu ruangan, jangan ketika masih terlalu panas. Selain itu, berikan pula pembatas makanan dengan zona dalam kulkas secara langsung, baik menggunakan tutup wadah atau plastik.

7. Inspeksi Rutin

Anda bisa melakukan inspeksi rutin untuk menguji kelayanan unit kulkas. Caranya ada tiga hal, sebagai berikut.

  • Perhatikan apakah ada bunyi-bunyian mencurigakan yang dihasilkan mesin kulkas saat menyala atau tidak. Bunyi aneh dan cenderung bising tersebut bisa terjadi karena masalah pada mesin, kompresor, atau kipas internal kulkas.
  • Uji keakuratan suhu yang ditunjukkan pada mesin dengan suhu sebenarnya yang dihasilkan menggunakan termometer.
  • Uji kelayakan pintu kulkas dan perhatikan apakah masih dapat menutup dengan rapat atau ada cleah. Anda dapat menggunakan kertas dan menyelipkannya di pintu sebelum menutupnya. Jika kertas diam terapit pintu, kulkas baik-baik saja. Namun jika kertas jatuh, Anda perlu mencurigai terjadinya kerusakan pintu kulkas.

Baca: Fungsi dan Cara Kerja Timer Kulkas

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai cara dan tips merawat kulkas. Mudah-mudahan dapat menjadi salah satu pelajaran berharga khususnya bagi yang baru membeli lemari es terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *