kulkas tiba tiba tidak dingin

7 Penyebab Kulkas Tiba-tiba Tidak Dingin dan Cara Mengatasi

Digibaru.com – Kulkas tiba-tiba tidak dingin. Lemari es atau kulkas bisa dikatakan sebagai perangkat elektronik wajib yang harus dimiliki keluarga di rumah, apartemen, atau kontrakan.

Ada banyak pilihan merk dan kualitas kulkas yang berbeda di Indonesia. Masing-masing ditawarkan dengan harga dan tingkat keawetan serta tata cara perawatan yang berbeda.

Tapi masalahnya, kadang kulkas dengan harga yang tergolong rendah sering mengalami kerusakan. Salah satu bentuk kerusakan kulkas yaitu tiba-tiba tidak dingin, meskipun mesin menyala atau mati.

Lalu apa sebenarnya penyebab kulkas mendadak tidak dingin? Bagaimana pula cara mengatasinya? Di kesempatan ini kami akan menjelaskan secara lengkap kepada Anda, silahkan disimak.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulkas Tiba-tiba Tidak Dingin

Ada beberapa penyebab mengapa kulkas tiba-tiba menjadi tidak dingin. Penyebab ini berlaku untuk kulkas 1 pintu, 2 pintu, merk Samsung, LG, Aqua Japan, Toshiba, Plytron, dan lainnya.

1. Bunga Es

Penyebab utama kulkas tidak dingin lagi yaitu karena ada bunga es yang sudah terlalu tebal dan menutupi bagian lubang angin. Padahal seperti diketahui lubang angin berperan mendinginkan udara dalam kulkas.

Apabila kulkas tidak dingin lagi, maka perisa kembali kondisi bunga esnya. Bagaimana cara mengatasi masalaah kulkas tidak dingin tiba-tiba karena bunga es?

Anda hanya perlu membiarkan kulkas terbuka dan letakkan kipas angin menyala di depannya supaya angin dari kipas bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas. Cara ini cukup ampuh mencairkan bunga-bunga es sehingga freezer kembali bersih.

Kemudian jika bunga es sudah mencair, Anda bisa membuang air yang ada di bagian bawah freezer. Lakukan pengelapan dengan menggunakan lap tekstil dapur bersih supaya air bisa hilang serta tidak menimbulkan pembentukan bunga es dalam waktu dekat.

Terakhir, Anda bisa coba menyalakan lagi kulkas dan tunggu beberapa saat untuk bisa dingin lagi. Pembersihan pada bunga-bunga es tersebut alangkah baiknya dilakukan secara rutin.

2. Kulkas Masih Baru

Kulkas baru beli tapi tidak terasa dingin? Jangan bersedih, karena bukan berarti itu pertanda kulkas Anda rusak. Ketika Anda membeli kulkas baru, perikas dulu suhunya setelah Anda nyalakan.

Biasanya kulkas baru beroperasi pada suhu relatif rendah sehingga membuat kulkas tidak dingin seperti yang diharapkan. Cara mengatasinya bagaimana?

Anda dapat mengatur suhu setengah dari maksimal atau boleh juga maksimal untuk mengetahui kualita skulkas. Dari situ akan terlihat apakah sebenarnya kulkas bekerja dengan optimal atau tidak.

3. Menyimpan Makanan Panas

Masalah lain yang muncul dan menyebabkan lemari es tiba-tiba tidak dingin yaitu karena menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Hal tersebut tentu saja membuat suhu panas menjadi lebih dominan.

Karena suhu dominan adalah panas, maka suhu sekitar ruangan kulkas juga akan mengikuti yang menyebabkan kulkas menjadi tidak bekerja dengan baik. Jadi, hindari menyimpan makanan panas atau hangat ke dalam lemari es.

Bila Anda menyimpan banyak makanan yang masih panas, akan menyebabkan suhu di dalam kulkas menurun. Pasalnya, kulkas berinteraksi dengan suhu panas yang dihasilkan oleh makanan tersebut.

4. Dekat dengan Peralatan Panas

Mendekatkan kulkas dengan peralatan panas juga membuat lemari es bisa mendadak tidak dingin lagi. Peralatan panas juga bisa mempengaruhi performa kulkas bahkan dampak terburuknya membuat kulkas ruask.

Kulkas bias menjadi kurang dingin bahkan tidak dingin sama sekali karena hal tersebut. Maka, pastikan tidak ada perangkat penghasil panas yang ada di sekitar kulkas jika mengalami masalah tersebut.

5. Stop Kontak Rusak

Semua peralatan elektronik rumah tangga biasanya menggunakan stop kontak sebagai sumber energinya. Tapi kita juga sering tidak dasar apabila ada stop kontak yang kita gunakan tidak bekerja dengan baik.

Tentu saja stop kontak yang tidak mengalirkan listrik dengan baik akan membuat kulkas tidak dingin sepenuhnya. Bila dibiarkan lama, kulkas juga bisa menjadi rusak dan tidak dapat diperbaiki.

Untuk mengetahui stop kontak rusak atau tidak, Anda bisa mencoba menyambungkan peralatan elektronik lain ke sumber listrik tersebut. Bila berfungsi dengan baik, bisa jadi kabel kulkas hanya tidak kencang dipasangkan ke stop kontak.

6. Freon Bermasalah

Penyebab lain kulkas tiba-tiba tidak dingin yaitu ada freon bocor atau habis isinya. Kondisi ini bisa diketahui dengan cara memegang bagian belakang kulkas yang berdekaan dengan grill.

Bagian tersebut menjadi bagian yang seharusnya panas, karena panas freon akan dilepaskan di sini. Bila tidak erasa hangat, maka freon sudah habis dan harus diisi ulang.

7. Kondisi Pintu Kulkas

Kita juga mungkin sering membuka-tutup pintu kulkas dan hal itu bisa menyebabkan karet pada pintu kulkas tidak lagi berfungsi dengan baik. Bila karet pintu kulkas sudah tidak lagi befungsi maksimal, maka kulkas tidak tertutup sempurna.

Bila penutupnya juga kurang rapat, udara yang ada di dalam kulkas juga bisa keluar dan berinteraksi dengan udara bebas. Dengan demikian suhu dingin yang ada di dalam kulkas juga akan menurun menyebabkan kulkas tidak lagi dingin.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai penyebab kulkas tiba-tiba tidak dingin. Mudah-mudahan artikel yang sudah kami tuliskan di atas dapat menjelaskan kepada Anda tentang cara mengatasi kulkas tidak dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *