hp xiaomi cepat panas
Cara mengatasi dan memperbaiki hp Xiaomi cepat panas saat digunakan, baterainya boros, agar bisa dingin dan stabil ketika dipakai main game.

9 Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dan Boros

Memperbaiki Xiaomi yang Sering Mudah Panas

Digibaru.com – Cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas. Kalau hp Xiaomi spesifikasi rendah dipakai untuk game berat atau aplikasi berukuran besar dalam jangka waktu yang lama, biasa-bisa hp Xiaomi cepat panas.

Selain itu, performanya akan menurun dan baterainya juga akan semakin boros. Beberapa aktivitas lain yang bisa membuat hp Xiaomi cepat panas adalah streaming film 4K atau 8K, serta multitasking browser.

Maka dari itu kita harus meminimalisirnya dengan melakukan beberapa tips dan trik untuk mengatasi smartphone Xiaomi Redmi supaya tidak cepat panas dan boros. Mungkin tak banyak yang tahu tapi cara ini cukup efektif.

Kami akan mejelaskan kepada Anda apa-apa saja tips dan trik yang bisa dilakukan tersebut. Anda bisa menyimak tutorial panduan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas

Sebelum memasuki pembahasan inti, kita juga harus menyimak terlebih dahulu mengenai penyebab hp Xiaomi cepat panas dan baterainya boros. Berikut beberapa di antaranya.

  • Kondisi sinyal lemah
  • Penggunaan ponsle yang tidak wajar
  • Penggunaan widget pada home screen yang berlebihan
  • Banyak aplikasi yang berjalan pada background
  • Menggunakan hp Xiaomi saat sedang di-charge
  • Mode power saving belum menyala
  • Kecerahan layar hp Xiaomi yang terlalu tinggi
  • Melakukan overlock pada ponsel Xiaomi
  • Beberapa fitur penting mungkin belum dinonaktifkan
  • Terlalu banyak menggunakan fitur notifikasi aplikasi
  • MIUI belum diperbaharui atau diupdate.
  • Dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dan Boros

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak ulasan lengkap mengenai cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas, boros, dan tidak sudah tidak bisa digunakan lagi. Simak pembahasannya di bawah.

1. Kondisi Sinyal Xiaomi Lemah

Sinyal Xiaomi yang lemah dan tidak stabil ternyata juga membuat suhu ponsel Xiaomi cepat panas. Ketika kita berada di lokasi susah sinyal, maka komponen ponsel akan bekerja lebih keras dalam memperoleh jangkauan sinyal yang bagus.

Untuk itu, jika Anda mengalami masalah pada sinyal yang terus melemah, sebaiknya ganti providernya. Selain itu Anda juga bisa menerapkan beberapa tutorial cara agar sinyal Xiaomi stabil dan cara mengatasi sinyal Xiaomi hilang.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mengurangi panas pada hp Xiaomi secara berlebih adalah dengan dengan mengurangi tingkat kecerahan layar. Hal ini secara otomatis akan membuat enggunaan baterai juga akan lebih hemat.

Panas yang dihasilkan juga tidak terlalu tinggi, dan ini sangat membantu karena kecerahan pada layar sebenarnya tergantung pada kondisi. Misalnya di siang hari kita butuh layar cerah tapi di malam hari sebenarnya bisa dikurangi.

3. Matikan HP Saat Dicas

Langkah berikutnya adalah mematikan hp Xiaomi ketika dicas. Sebab dengan mematikan hp Xiaomi saat sedang charging mampu membuat baterai lebih cepat penuh dan ini kerap kita abaikan dengan menggunakannya meski tengah diisi daya.

Selain itu, dengan mematikan hp yang dicas, maka panas yang dihasilkan pada saat mengisi daya juga tidak berlebihan. Sedangkan jika kita menggunakannya bersamaan dengan dicas, pasti akan membuat baterai lebih cepat panas.

4. Matikan Data Saat Tidak Digunakan

Ketika data internet atau wifi menyala, maka akan semakin banyak aplikasi yang download update. Entah itu feed di sosial media, notifikasi chat messenger, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sehingga bila ingin membuat hp lebih dingin dan tidak cepat panas, kita bisa matikan data internet saat anda tidak membutuhkannya. Selain hemat baterai, kita juga bisa menghemat kuota internet.

5. Matikan Live Wallpaper

Berikutya kita juga bisa mematikan penggunaan live wallpaper dan memilih memakai wallpaper gambar biasa. Meski wallpaper animasi bergerak cukup populer, tapi sebenarnya sangat boros pada baterai dan memori RAM Android.

Selain bisa mengurangi kepanasan pada smartphone Xiaomi dan baterai yang lebih awet. Dengan cara ini, kita bisa bermain lebih banyak game berat dalam jangka waktu yang lama sekalipun.

6. Kurangi Widget

Langkah berikutnya untuk mengurangi kepanasan pada smartphone Xiaomi adalah mengurangi penggunaan widget. Sebenarnya bila kita teliti, ada beberapa widget yang penting untuk dipasang pada home screen Android.

Misalnya jam, tanggal, dan waktu. Selain itu masih banyakjuga widget tak penting lainnya. Dengan cara ini, baterai dan RAM juga akan lebih hemat. Mengirangi jumlah widget juga akan membuat smartphone tidak lemot dan lag atau patah-patah.

7. Nonaktifkan Aplikasi Berjalan

Langkah paling tepat dan jitu untuk mengurangi panas pada hp Xiaomi dan membuat baterainya tidak boros adalah menonaktifkan aplikasi yang tidak anda gunakan, khususnya adalah aplikasi yang banyak menyedot RAM. Seperti Line, TikTok, Instagram, WhatsApp, dan sebagainya.

Aplikasi tersebut juga kerap berjalan di belakang layar meski sedang tidak kita buka. Gunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk menonaktifkan aplikasi yang terinstall yang banyak tersedia gratis di Play Store.

8. Kurangi Main Game dan Nonton Video

Alasan utama baterai Xiaomi cepat panas dan boros adalah kita terlalu lama memainkan game dan menonton video, apalagi jika filenya begitu besar. Lebihnya lagi, casing produk Xiaomi berbahan metal, sehingga panas yang ditimbulkan juga lebih banyak ketimbang casing dengan material plastik.

Main game dan nonton film memang seru dan mengasyikkan, tapi Anda sebagai pengguna smartphne harusnya tahu waktu dan kondisi. Jangan sampai hal ini membuat Anda lalai akan aktivitas dan membuat baterai hp Xiaomi Anda menjadi makin panas dan boros.

9. Mode Saving Belum Dinyalakan

Sebagian besar hp memiliki mode hemat daya atau power saving. Mode ini akan bekerja melakukan beberapa langkah untuk menghemat baterai, seperti mematikan koneksi Wi-Fi, Bluetooth, GPS, menurunkan kecerahan layar, hingga mematikan aplikasi background.

Selain membuat baterai hp menjadi lebih hemat, cara ini juga membuat hp Xiaomi memiliki suhu yang lebih stabil. Cara mengaktifkannya adalah dengan masuk ke menu Settings > Battery & performance > Power. Tap dan aktifkan Battery saver.

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai cara mengatasi hp xiaomi cepat panas. Semoga dengan berbagai tips dan trik di atas, bisa membuat hp Xiaomi Redmi kita bisa memiliki performa yang lebih baik saat menjalankan game atau aplikasi.

Baca:

Kata Kunci:
trik hp xiomiredmi 2 agarbtidak panas, xiaomi panas boros baterai, Xiaomi supaya tidak panas, Xiaoumi cpt panas