perbedaan xiaomi garansi resmi dan distributor
Perbedaan hp Xiaomi Redmi MIUI resmi garansi distributor atau abal-abal dan hp Xiaomi resmi atau TAM, simak bedanya pada penjelasan di sini.

Perbedaan Xiaomi Garansi Resmi dan Distributor

Perbedaan HP Xiaomi Garansi TAM Resmi dan Distributor

Digibaru.com – Perbedaan Xiaomi garansi resmi dan distributor. Ada dua jenis hp Xiaomi berdasarkan distribusinya, yakni garansi resmi yang dikelola TAM dan garansi distributor.

Biasanya Xiaomi Redmi yang memiliki garansi resmi ditawarkan dengan harga lebih tinggi. Sedangkan pada Xiaomi garansi distributor ditawarkan dengan harga yang lebih murah.

Tapi meski ada perbedaan harga, tetap terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi. Entah itu pada Xiaomi yang memiliki garansi resmi maupun distributor.

Maka dari itu Anda harus mengetahui perbedaan antara Xiaomi garansi resmi dan distributor. Sehingga ketika membelinya Anda jadi tahu apa saja kelebihan dan kekurangan di antara keduanya.

Pengertian Garansi pada HP Xiaomi

Sebelum masuk ke pembahasan inti, kita lebih baik mengetahui pengertian dari garansi resmi dan distributor terlebih dahulu. Anda bisa menyimak ulasannya pada pembahasan di bawah ini.

1. Xiaomi Garansi Resmi

Xiaomi garansi resmi merupakan produk smartphone Xiaomi Redmi dengan sistem operasi MIUI yang secara resmi diakui masuk ke Indonesia oleh pemerintah. Artinya, ponsel Xiaomi masuk melalui jalur yang tepat, membayar pajak, bea cukai dan segala proses hukum yang berlaku di Indonesia.

Karena seluruh prosesnya masuk ke jalur yang resmi dan membutuhkan biaya, tak heran bila Xiaomi ini dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan disributor.

2. Xiaomi Garansi Distributor

Sementara itu Xiaomi garansi distributor merupakan ponsel yang awalnya memang ditujukan untuk dipasarkan di Tiongkok / China saja. Namun beberapa importir besar membawanya ke Indonesia dan ketika dibawa ke Tanah Air, tidak ada penyesuaian dengan standar yang berlaku di Indonesia baik dari segi hardware maupun software.

Contohnya seperti TKI Indonesia yang bekerja di India dan pulang ke Indonesia membawa hp Xiaomi. Ponsel Xiaomi bergaransi distributor memiliki beberapa kelemahan di antaranya adalah terdapat beberapa fitur yang tidak dapat dijalankan.

Ini Perbedaan Xiaomi Garansi Resmi dan Distributor

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai bedanya hp Xiaomi garansi resmi dengan yang distributor. Simak pada ulasan di bawah ini.

1. Keberadaan Google Play Store

Xiaomi garansi distributor biasanya menggunakan ROM China atau India. Sedangkan dalam Xiaomi garansi resmi menggunakan ROM global stable yang sudah support bahasa Indonesia.

Karena ROM China, maka Xiaomi distributor tidak memiliki akun Google Play Store karena Google memang diblokir di China. Tapi sebagai gantinya Anda bisa menggunakan Android Store versi China yang diinstall di sana.

2. ROM Tidak Stabil

Distributor tidak mendatangkan Xiaomi garansi resmi dari pemerintah, maka ROM yang digunakan juga tidak stabil. Kita juga bisa melihatnya di forum-forum banyak yang mengeluh menggunakan ROM distributor.

Beberapa di antara kekurangan ROM tidak stabil adalah aplikasi yang kadang-kadang berhenti sendiri. Hp Xiaomi juga kerap tiba-tiba restart sendiri, bahkan ada yang Bootloop.

3. Harga Baru

Karena tidak melalui jalur hukum yang berlaku di Indonesia, hp Xiaomi garansi distributor memiliki harga lebih murah dibandingkan harga resmi. Tapi imbasnya ketika hp kita mengalami kerusakan maka kita harus membeli komponen baru untuk memperbaikinya.

Misalnya jika baterai hp kita kembung, ketika dicoba untuk klaim garansi Xiaomi, service center pasti akan menolak. Mencari di toko lain juga tidak ada karena biasanya hanya dijual oleh pihak resmi saja.

4. Layanan Purna Jual

Xiaomi garansi resmi bisa diklaim garansinya dan service center-nya juga sudah tersebar banyak di Indonesia seperti Jember, Aceh, Palu, Solo, Kediri, Manado, Samarinda, Jakarta, Pekalongan, Pati, dan lain-lain.

Tentu saja ini merupakan layanan purna jual yang sangat bermanfaat. Tapi jika Anda memiliki hp bergaransi distributor, maka layanan semacam ini tidak akan Anda dapatkan.

Kelebihan dan Kekurangan Garansi Xiaomi

Masing-masing garansi hp Xiaomi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi yang belum tahu, berikut beberapa di antaranya, silahkan disimak.

1. Garansi Resmi

Kelebihan HP Xiaomi Dengan Garansi TAM

  • ROM stabil dan bisa di update secara berkala.
  • Hadir dengan pengaturan sudah disesuaikan dengan standard Indonesia.
  • Mudah Klaim garansi dan perbaikan bila ada kerusakan karena Service Center TAM Xiaomi sudah tersedia di berbagai wilayah di Indonesia.
  • Pelayanan Memuaskan
  • Informasi yang lengkap dengan klaim garansi yang mudah bila terjadi kerusakan
  • Bisa mendapatkan paket bundling
  • Biasanya Ada beberapa bonus

Kekurangan HP Garansi TAM

  • Harga lebih mahal

2. Garansi Distributor

Kelebihan HP Xiaomi Garansi Distributor

  • Harga Lebih Murah
  • Dapat dengan mudah di dapatkan

Kekurangan HP Xiaomi Garansi Distributor

  • ROM Tidak stabil
  • Tidak Mendapatkan pembaharuan
  • Tidak ada bahasa Indonesia
  • Ada masalah di jaringan
  • Jika mengalami kerusakan tidak bisa dibawa ke Service Center Xiaomi
  • Klaim kerusakan ke penjual dan terkadang cukup sulit karena bukan ke Xiaomi

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai xiaomi garansi resmi dengan distributor. Mudah-mudahan dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan bagaimana cara membedakan kedua Xiaomi dengan garansi yang berbeda tersebut.

Baca: