fungsi konektor cctv
Fungsi, manfaat, kegunaan konektor CCTV power DC, BNC, dan jenis-jenisnya, disertai pengertian konektor untuk perangkat kamera pengawas CCTV.

Fungsi Konektor CCTV Power DC dan BNC

Kegunaan Konektor pada Kamera Pengawas

Digibaru.com – Fungsi konektor CCTV. Sebuah perangkat CCTV tidak hanya terdiri dari kamera saja. Pasalnya jika kamera saja, maka kita tidak bisa melakukan pemantauan dari jarak jauh.

Sebelumnya telah kami bahas, ada beberapa perangkat CCTV selain kamera, mulai dari DVR CCTV, kabel CCTV, hingga monitor CCTV. Semuanya terhubung satu sama lain untuk melakukan tugasnya.

Satu lagi yang tak kalah penting, adalah konektor CCTV. Fungsinya sangat penting untuk menghubungkan kabel dan perangkat CCTV lainnya agar bisa menyala dan berfungsi dengan baik.

Di kesempatan ini kami ingin menjelaskan kepada Anda mengenai fungsi konektor pada CCTV, namun sebelum itu mari kita simak jenis atau macam-macam konektor kamera pengawas terlebih dahulu.

Macam-macam Konektor CCTV

Tanpa banyak basa basi kembali, berikut adalah ulasan lengkap mengenai macam-macam atau jenis konektor kamera pengintai yang perlu kita ketahui. Simak ulasannya di bawah ini.

1. BNC to BNC

Konektor BNC to BNC merupakan jenis konektor yang digunakan untuk menghubungkan kabel ke kabel. Fungsinya lebih mirip seperti kabel sambungan, baik ke DVR, monitor, maupun kamera CCTV.

BNC to BNC menjadi kabel yang paling banyak digunakan pada perangkat CCTV. Kabel jenis ini juga lebih mudah ditemui di pasaran dan harganya juga tak terlalu mahal dibanding jenis kabel yang lain.

2. BNC RG6 Crimping

Konektor pada perangkat kamera pengawas berikutnya adalah BNC RG6 Crimping. Konektor ini merupakan jenis konektor kamera CCTV yang berguna menghubungkan kabel dengan berbagai macam perangkat CCTV, yaitu DVR, kamera, dan monitor.

Namun konektor ini dibuat khusus untuk digunakan pada kamera CCTV yang menggunakan frekuensi di atas 50Hz atau menampilkan video Full HD maupun yang lebih jelas. Biasanya, kamera CCTV terbarulah yang menggunakan jenis konektor ini.

3. BNC RG59 Crimping

Konektor BNC RG59 Crimping merupakan konektor CCTV yang diperuntukkan untuk menyambungkan kabel dengan perangkat CCTV. Konektor ini sangat mirip dengan BNC RG6 Crimping yang telah dibahas.

Adapun konektor ini mampu menghubungkan perangkat CCTV seperti kamera, DVR, hingga layar monitor. Namun dikhususkan untuk CCTV yang menggunakan frekuensi di bawah 50 Hz atau CCTV model lama, seperti CCTV konvensional dan CCTV tanpa internet.

4. BNC RG6 Twist

Konektor BNC RG6 Twist merupakan jenis konektor CCTV untuk menghubungkan kabel coaxial dengan slot BNC. Kabel coaxial yang dimaksud di sini adalah kabel CCTV biasa, yang biasanya digunakan untuk menyambungkan kamera, DVR, dan monitor.

BNC RG6 Twist biasanya digunakan jika kabel coaxial atau BNC yang kita miliki kurang panjang, sehingga lokasi kamera ke DVR tidak bisa terjangkau secara maksimal.

5. BNC-RCA

Konektor BNC-RCA digunakan untuk konversi (mengubah) BNC menjadi RCA. Kedunaan konverter ini adalah untuk menghubungkan kamera CCTV ke layar monitor atau televisi.

Fungsi Konektor Kabel CCTV

Langsung saja, berikut adalah fungsi, kegunaan, manfaat dari konektor kabel CCTV BNC dan Power DC. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya di pembahasan berikut.

1. Konektor Power DC CCTV

Konektor Power DC CCTV

Konektor ini digunakan untuk menyambungkan kabel pada CCTV ke sumber daya (power supply) atau listrik agar CCTV bisa menyala. Konektor ini, menghubungkan kabel dengan ‘colokan’ yang nantinya digunakan untuk disambungkan ke terminal atau stop kontak.

Power supply yang ada pada CCTV biasanya memang tidak langsung dihubungkan ke sumber daya listrik atau stop kontak. Melainkan, dihubungkan ke dalam box terlebih dahulu, nantinya dari box itu baru dihubungkan ke colokan.

2. Konektor BNC CCTV

Konektor BNC CCTV

Sedangkan konektor BNC (Bayonet Neill-Concelman) merupakan konektor yang menghubungkan kabel dari kamera CCTV ke media penyimpanan atau memori yakni DVR (Digital Video Recorder). Konektor CCTV ini juga menghubungkan antara DVR ke layar monitor.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konektor ini terdiri dari dua jenis, yakni R59 da R6. R59 biasanya khusus diperuntukkan untuk kamera CCTV keluaran lama sedangkan R6 untuk keluaran yang baru.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan singkat mengenai jenis dan fungsi konektor cctv. Intinya konektor CCTV bertujuan untuk menghubungkan antarkabel, sehingga rekaman yang dikirim dari kamera pengawas bisa ditampilkan sesuai kualitas aslinya di monitor.

Baca: