Cara Setting CCTV IndiHome

Cara Install CCTV IndiHome Fiber

Digibaru.com – Cara setting CCTV IndiHome. Untuk menghubungkan CCTV ke perangkat hp atau kompueter, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama menggunakan jaringan internet publik, dan yang kedua menggunakan jaringan wifi lokal.

Salah satu jaringan wifi yang bisa digunakan untuk menghubungkan ke CCTV adalah IndiHome. Bila menghubungkan CCTV ke IndiHome kabel fiber optik, maka kita bisa memantau rekaman secara online dari CCTV yang terhubung dengan jaringan yang sama.

Metode ini biasanya dilakukan bagi yang sudah punya CCTV dan ingin memantau dari jarak tak terlalu jauh. Contohnya untuk penggunaan di kantor, rumah, atau sekolah yang jarak jangkauannya hanya belasan meter saja.

Bagi yang belum mengetahui cara setting CCTV jaringan IndiHome, di sini kami akan membagikan tutorial atau langkah-langkahnya untuk Anda. Simak ulasan lengkapnya dalam pembahasan berikut.

Setting CCTV IndiHome

Pastikan Anda menggunakan jaringan internet wifi IndiHome dan CCTV yang akan dipantau telah terkoneksi dengan DVR (Digital Video Recorder). Selanjutnya, ikuti panduan berikut untuk menghubungkan CCTV agar bisa dipantau di komputer.

1. Login ke IndiHome

Pertama, login dulu ke akun IndiHome di PC atau laptop melalui browser. Browser yang digunakan bebas, bisa Google Chrome, Firefox, atau Microsoft Edge. Setelah buka browser, ikuti panduan di bawah berikut:

  • Pertama, akses URL 192.168.100.1 melalui kolom address bar.
  • Masukkan username dan password, secara default username untuk jaringan IndiHome dengan modem Huawei HG8245A atau Huawei lainnya adalah username : telecomadmin dan password : admintelecom.
  • Selesai.

Kadang, usernamen dan password-nya dibedakan oleh pihak IndiHome, dan mereka menyertakannya di bagian belakang box pembelian. Jika password tersebut gagal, silahkan cek bagian belakang box pembelian CCTV IndiHome.

2. Cek IP dan Port DVR CCTV IndiHome

Setelah berhasil login, kita pindah ke DVR (Digital Video Recorder) dan masuk ke menu Network/Jaringan untuk mengetahui informasi port yang ada di dalamnya. Biasanya DVR terdiri dari tiga jenis port, yakni sebagai berikut.

  • HTTP Port, yaitu port DVR yang berguna untuk menghubungkan CCTV ke perangkat lain, seperti komputer atau smartphone agar bisa melihat rekaman CCTV secara langsung.
  • Media/TCP Port, yaitu port yang digunakan untuk memantau rekaman CCTV melalui PC yang menggunakan aplikasi bawaan pada sistem operasi Windows, biasanya aplikasi bawaan tersebut tersedia pada saat pembelian produk dalam bentuk kaset.
  • Mobile Port, yaitu port khusus yang berguna untuk memantau rekaman CCTV pada perangkat ponsel smartphone seperti Android atau iOs (iPhone).

Catat informasi port tersebut untuk digunakan pada bagian setting port forwarding. Contoh masing-masing port adalah sebagai berikut.

  • HTTP Port : 8080
  • Media/TCP Port : 8238
  • Mobile Port : 8248
  • IP CCTV Static : 204.168.112.3

3. Setting Port Forwarding

Jika sudah cek ip dan port DVR, maka kita harus melakukan setting prot forwarding, yakni kegiatan untuk mengirim data yang ada pada sebuah port DVR ke perangkat yang sudah terhubung, baik smartphone atau komputer.

Pengaturan yang diperlukan di sini antara lain setting WAN name, internal start port, internal end port, external start port, internal end port, internal host, mapping name, protocol, dan sebagainya. Berikut contoh pengisiannya.

port forwarding indihome

Sesuaikan masing-masing port pada kolom yang tersedia sesuai dengan pada langkah kedua.

Kemudian agar CCTV bisa terhubung dengan jaringan IndiHome, seperti IndiHome yang menggunakan kabel fiber optik ZTE F660, maka port IP DVR yang digunakan biasanya disertakan dalam buku panduan atau box pembelian.

Biasanya ip DVR yang digunakan adalah 192.168.1.10 dengan port 5445, sedangkan untuk DVR Avtech masing-masing port diisi sama, yaitu 192.168.1.10. Namun ini bisa saja berbeda tergantung update dari IndiHome, jadi sesuaikan saja dan jangan sungkan tanya apabila menemui kesulitan.

Berikut lebih lengkapnya contoh cara pengisian port tersebut.

port forwarding zte

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai cara setting cctv indihome online, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang tengah mencari informasi tentang cara instlal atau setting CCTV yang terkoneksi dengan jaringan IndiHome.

Baca:

Tinggalkan komentar