Cara Bayar Tagihan PDAM via Internet Banking BCA

Membayar Iuran PDAM Lewat i-Banking BCA

Digibaru.com – Cara bayar tagihan PDAM internet banking BCA. Untuk mendapatkan air bersih sejumlah masyarakat Indonesia harus memperolehnya dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum).

PDAM ini memiliki banyak cabang tergantung daerah operasionalnya. Ada PDAM Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Manado, Balikpapan, Pontianak, dan sebagainya tersebar di seluruh Indonesia.

Tapi masyarakat mendapatkan kemudahan dengan adanya PDAM ini apalagi dengan metode pembayaran yang mudah salah satunya melalui internet banking BCA atau KlikBCA.

I-Banking BCA memang sudah lama mendukung pembayaran tagihan atau iuran PDAM setiap bulannya bagi masyarakat. Di sini kami akan menjelaskan tutorialnya untuk Anda.

Pengertian PDAM Adalah

PDAM merupakan unit usaha milik daerah yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM ada di setiap provinsi, kabupaten, atau kota di seluruh Indonesia dan merupakan peruashaan daerah yang diawasi oleh aparat eksekutif hingga elgislatif di daerah.

Perusahaan ini telah dikelola oleh negara sejak zaman penjajahan Belanda pada tahun 1920-an dengan nama Waterleiding, sedangkan pada pendudukan Jepang nama perusahaan ini disebut dengan Suido Syo. Karena ada di tiap daerah, pengelolanya juga berbeda-beda.

Karena pengelolanya berbeda-beda, maka dalam pembayaran PDAM menggunakan i-banking BCA (KlikBCA) juga disesuaikan dengan daerah masing-masing. Terutama dalam hal harga karena tidak semua daerah memiliki sumber mata air langsung jadi harganya bisa lebih mahal di daerah tertentu.

Syarat Bayar PDAM via i-Banking BCA

Perhatikan syarat-syarat dan keputusan tersebut supaya bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM lewat internet banking BCA (KlikBCA).

  • Pertama, sudah mendaftar internet banking BCA.
  • Setelah itu, menggukanan browser pada smartphone, laptop, atau komputer.
  • Memiliki koneksi internet yang stabil.
  • Merupakan pelanggan PDAM di berbagai kota di Indonesia.
  • Melakukan pembayaran sebelum batas waktu yang sudah ditentukan.

Biaya Bayar PDAM via i-Banking BCA

Setiap transaksi pembayaran yang dijalankan lewat internet banking BCA akan dikenakan biaya administrasi. Biayanya bisa naik atau turun sesuai kebijakan dari Bank BCA.

Biaya ini tidak berhubungan dengan PDAM di masing-masing daerah dan sepenuhnya diatur oleh Bank BCA sehingga biayanya sama untuk semua daerah. Untuk sementara ini, berikut adalah biaya tagihan PDAM BCA.

Biaya: Rp 3.500,-

Biaya tersebut berlaku untuk satu kali transaksi dan jika ingin melakukan transaksi kedua maka akan dikenakan biaya yang sama.

Cara Membayar Tagihan PDAM di Internet Banking BCA

Bagi pengguna i-banking BCA dan ingin membayar tagihan air PDAM melalui layanan perbankan tersebut, silahkan simak tutorial lengkapnya pada pembahasan berikut ini.

  • Buka Internet Banking BCA dan login.
  • Pilih Pembayaran.
  • Pilih Air/PAM.
  • Masukkan ID Pelanggan PDAM.
  • Pilih Sumber Dana, kemudian klik Lanjutkan.
  • Masukkan Respon KeyBCA Appli.
  • Kemudian klik Kirim.
  • Selesai.

Apabila Terlambat Membayar PDAM

Bila Anda terlambat memnbayar tagihan PDAM, maka Anda bisa mendapat beberapa kerugian seperti di bawah berikut ini.

1. Akumulasi Tagihan Bulanan

Tagihan PDAM biasanya dikeluarkan pada akhir atau awal bulan. Jika tagihan belum dibayarkan setelah jatuh tempo, tagihan Anda akan diakumulasikan ke bulan depannya dan bisa dibayarkan melalui KlikBCA dengan cara yang sama.

2. Denda Keterlambatan Pembayaran

Anda juga akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran. Membayar tagihan dengan denda tertentu tentu saja mengganggu pengeluaran Anda setiap bulannya. Adapun denda ini akan dimasukkan ke dalam tagihan pada bulan yang sama dan bisa juga dibayarkan lewat KlikBCA.

3. Pemutusan Sambungan PDAM

Parahnya lagi, PDAM juga bisa langsung memutus sambungan air bersih ke rumah Anda. Pemutusan sambungan ini akan dilakukan oleh PDAM jika Anda sudah menunggah tagihan hingga tiga bulan secara berturut-turut.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat mengenai cara bayar tagihan pdam di internet banking bca. Semoga tutorial tersebut dapat membantu kita yang ingin membayar dan melunasi tagihan air PDAM.

Mari ingat untuk selalu membayar tagihan PDAM sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, jika tidak maka air bersih ke rumah kita berhenti mengalir. Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Jangan lupa juga untuk membaca beberapa artikel bermanfaat dari kami lainnya mengenai Bank BCA. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Baca:

Tinggalkan komentar