cara menghitung harga saham

4 Cara Menghitung Harga Saham Secara Akurat

Cara Hitung Harga Sebuah Saham

Digibaru.com – Cara menghitung harga saham. Nilai harga saham, yang berakar pada prinsip perdagangannya, tidak selalu sama dengan nilai pasarnya saat ini meskipun beberapa orang percaya sebaliknya.

Pedagang memberikan saham ke saham karena membantu mereka memutuskan apakah mereka ingin membelinya, tetapi tidak ada cara tunggal untuk menilai saham. Di sisi lain, investor aktif yang percaya bahwa mereka dapat mengembangkan dan mengembangkan strategi investasi di luar pasar yang lebih luas.

Nilai aset didasarkan pada keyakinan bahwa nilai saham sepenuhnya terpisah dari harga pasar saham. Pembeli aktif membaca serangkaian metrik untuk mengukur nilai internal saham dan kemudian membandingkan nilai tersebut dengan harga pasar saat ini.

Pedagang yang menganggur mendaftar dalam konsep pasar aktif, yang berarti bahwa harga pasar saham tetap sama dengan nilai internalnya. Investor yang menganggur percaya bahwa informasi terkenal sudah menjadi harga saham.

Baca: Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

Oleh karena itu, harganya mencerminkan nilainya secara akurat. Sebagian besar pengikut teori pasar yang layak menyarankan untuk berinvestasi dalam dana indeks atau dana pertukaran (ETF), sebagai lawan melakukan tugas yang tampaknya mustahil untuk menurunkan pasar.

Begini Cara Menghitung Harga Saham

Analis bisnis memiliki beberapa cara untuk menentukan nilai suatu perusahaan. Kami akan menggunakan pembiayaan Flying Pigs Corporation dan formulir-formulir terkenal.

Rincian keuangan Flying Pigs Corporation adalah sebagai berikut:

  • Harga Saham Saat Ini: $67
  • Penghasilan selama 12 bulan terakhir rata-rata: $ 4,19
  • Tahunan: $ 217.000.000
  • Kontribusi tahunan rata-rata: $ 2,68
  • Rata-rata historis P/E: 18
  • Harga Buku per Saham $ 55,84

1. Temukan Nilai Rasio P/E

Metode yang paling populer digunakan untuk memperkirakan nilai internal suatu saham adalah harga rata-rata suatu upah. Mudah digunakan, dan data sudah tersedia. Rasio P/E dihitung dengan membagi total harga saham dari pendapatan 12 bulannya yang memiliki tingkat pertumbuhan lambat. Catatan: Selalu gunakan jumlah tugas yang dimodifikasi saat melakukan perhitungan.

Untuk menghitung nilai saham saat ini, temukan rata-rata P/E sejarah perusahaan dan kalikan dengan pendapatan rata-rata yang diharapkan.

Nilai Intrinsik = Rasio P/E X Hadiah per Saham

Contoh Status Rasio P/E

Katakanlah rata-rata sejarah P/E Flying Pigs Corporation telah 18 tahun. Harga P/E saat ini adalah $ 67 dibagi $ 4,19 sama dengan 16 kali. Jika diperdagangkan dalam sejarah 18 P/E, harga saham saat ini harus 18 kali $4,19 sama dengan $75,42. Atas dasar itu, harga saham Flying Pigs saat ini relatif rendah. Kinerja rendah ini dapat menarik calon agen real estat, dan analis mungkin menyarankan agar pelanggan mereka membeli saham.

Angka ini memperkirakan bahwa Babi Terbang akan memiliki gaji rata-rata tahun depan. Jika upah diharapkan naik, harga saham yang diharapkan akan lebih tinggi lagi.

Perangkat yang dijual dengan harga P/E yang lebih rendah tidak berarti menarik hanya karena harganya tampak tidak penting. Mungkin ada alasan untuk harga rendah: permintaan untuk produk mereka menurun, perusahaan kehilangan pelanggan, manajer membuat kesalahan, atau mungkin bisnis turun untuk waktu yang lama.

2. Formula Benjamin Graham

Benjamin Graham adalah investor terkenal yang mengembangkan jenis yang mengukur nilai saham berdasarkan prinsip dasar. Rencananya menggunakan gaji rata-rata, rata-rata nilai buku dan rata-rata P/E rata-rata 15. Graham percaya bahwa tidak ada perusahaan yang harus menjual lebih dari 1,5 kali nilai buku.

Formula cara menghitung harga saham dengan metode Graham adalah sebagai berikut:

Nilai Intrinsik = Akar kuadrat (15 X 1,5 (Gaji rata-rata) X (Nilai buku per saham)

Contoh Formula Benjamin Graham

Saat menggunakan formulir ini untuk Babi Terbang, nomor Graham di bawah ini:

Bilangan Graham = akar kuadrat (15 X 1,5 $4,19 X $55,84) = $72,55 = Nilai maksimum

Atas dasar ini, porsi saat ini sebesar $67 untuk Babi Terbang tidak ada nilainya dibandingkan dengan nilai Graham-nya sebesar $72,55.

Baca: Daftar Aplikasi Trading Saham Terbaik

3. Model Diskon Dividen

Pola diskon dapat difasilitasi oleh tipe pertumbuhan Gordon. Rencananya menggunakan rata-rata saham perusahaan, bagian pemegang saham yang dibutuhkan, dan bagian dari pertumbuhan saham.

Rencana pertumbuhan Gordon mengambil rata-rata saham perusahaan dan dibagi dengan tingkat pengembalian tanpa tingkat pertumbuhan dividen yang sama dengan nilai internal.

Nilai Saham = Rata-rata saham/(Tingkat pengembalian pemegang saham)

Contoh Model Dividen Diskon

Untuk mengimplementasikan cara menghitung harga saham ini di Flying pig, tingkat pertumbuhan saham diperkirakan sebesar 7 persen, dan tingkat pembagian saham adalah 11 persen:

Nilai Saham = $2,68/(0,11-0,07) = $67

Atas dasar ini, porsi Babi Terbang yang dijual seharga $67 sama dengan nilai alaminya yang dihitung dalam bentuk diskon.

4. Gabungan Semuanya

Saat mencoba menentukan nilai saham dengan cara menghitung harga saham di atas, tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua. Seperti yang Anda lihat dalam jumlah babi terbang ini, nilai alaminya tidak sama.

Selain itu, faktor lain seperti daya saing, perubahan manajemen, status ekonomi, kemajuan teknologi, dan dampak diskriminasi konsumen harus diperhitungkan. Rasio nilai tidak dapat hanya didasarkan pada angka-angka dari laporan keuangan.

Akhir Kata

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai bagaimana cara menghitung harga saham. Mudah-mudahan penjelasan yang telah kami sampaikan dapat dipahami dengan baik sehingga Anda bisa menghitung harga saham sebuah perusahaan.