CCTV Micro SD Tidak Merekam

Kamera Pengawas Micro SD Nonaktif

Digibaru.com – CCTV micro SD tidak merekam. Kalau CCTV konvensional dulu penyimpanan video di DVR menggunakan HDD atau SSD. Namun kini perkembangan teknologi telah mengubahnya.

Penyimpanan video di CCTV telah banyak menjadi tanggung jawab micro SD. Ukurannya yang kecil dan kapasitasnya yang jumbo membuat kamera CCTV bisa menyimpan lebih banyak durasi video. Ini salah satu kelebihan CCTV micro SD.

Namun yang namanya perangkat elektronik, pasti ada saja error-nya. Ada jalanya sebuah kamera CCTV tidak lagi menyimpan video atau bahkan tidak merekam. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai alasan.

Di sini, kami akan mengulas mengenai penyebab serta cara mengatasi dan memperbaiki CCTV micro SD yang tidak merekam, menyala, aktif, atau hidup. Simak ulasannya satu per satu berikut.

Penyebab CCTV Micro SD Tidak Merekam

Alasan utama penyebab CCTV micro SD tidak merekam adalah karena sudah rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Selain itu, ada pula penyebab lainnya yang membuat CCTV Micro SD tidak dapat merekam.

1. Kapasitas Penuh

Perlu diketahui kartu SD tidak bisa menyimpan video CCTV lagi jika kapasitasnya sudah penuh. Misalnya kartu SD memiliki kapasitas 2TB, maka jika video yang tersimpan di memori kecil tersebut sudah mendekati 2TB, maka penyimpanan video CCTV tidak bisa diproses lagi.

Agar bisa mengetahui memori penuh atau tidak, Anda bisa memasang kartu SD di komputer atau hp terlebih dahulu, kemudian di situ Anda bisa mengetahui sisa kapasitas yang ada. Namun kadang di DVR atau CMS CCTV sudah tertera informasi sisa kapasitas micro SD.

2. Kartu SD Kotor

Lecet, kotor, retak, atau rusak pada micro DD juga membuat kinerjanya tidak maksimal dalam menyimpan rekaman video CCTV. Jika ada debu atau lecet, bisa saja kartu sD tidak rusak, namun pembacaan file video yang terdapat di dalamnya juga tidak bisa dilakukan, termasuk dalam hal menyimpan video.

Apalagi jika kartu SD sudah tergores cukup banyak, bukan hanya tidak bisa dibaca saja, melainkan bisa juga seluruh data pada kartu SD terancam hilang jika kita tidak mencadangkan (backup) sebelumnya.

3. Sistem Error Micro SD

Kartu SD juga tidak bisa melakukan penyimpanan video karena terjadi error pada sistemnya. Ini bisa terjadi karena virus atau kesalahan sirkuit internal, atau juga pada program perangkat lunak di DVR maupun pada CMS CCTV.

Untuk mengetahui terjadi error atau tidak pada sistem micro SD, Anda bisa memindahkannya terlebih dahulu ke smartphone atau laptop. Bila ada permintaan format, itu artinya kartu SD memang benar-benar error.

Cara Mengatasi CCTV Micro SD Tidak Merekam

Ada berbagai penyebab CCTV tidak dapat merekam, setiap masalah memiliki solusi sendiri untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kartu pengawasan video yang rusak, alias takka dapat merekam.

1. Hapus Video CCTV

Apabila kesalahan pada penyimpanan video CCTV di micro SD terjadi akibat kapasitas penuh, maka langkah mengatasi yang bisa dilakukan adalah menghapus terlebih dahulu sebagian atau seluruh video CCTV pada memori penyimpanan tersebut.

Caranya adalah memindahkan kartu SD pada komputer, laptop, atau smartphone terlebih dahulu, dan kemudian hapus beberapa atau seluruh video. Jika Anda ingin menghapus semuanya, Anda bias menggunakan menu format.

2. Bersihkan Kartu SD CCTV

Ketika masalah penyimpanan video CCTV tidak dapat dilakukan karena kartu SD rupanya kotor, lecet, atau tergores, maka cara memperbaikinya adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu menggunakan cairan pembersih khusus. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

Selain hand sanitizer, cairan pembersih yang biasa digunakan yaitu minyak telon, air hangat, atau air dengan tambahan sedikit sabun. Jika tergores cukup dalam, maka cara membersihkannya dengan menggunakan kain dan menggosok permukaannya agar kembali datar.

3. Format Kartu CCTV SD

Apabila Anda sudah melakukan kedua hal di atas dan ternyata masalah penyimpanan video CCTV belum teratasi, maka cara yang bisa Anda coba berikutnya adalah dengan format kartu SD terlebih dahulu. Anda bisa menghubungkan kartu SD ke komputer, laptop, atau hp dan format pada menu yang tersedia.

Jika kartu SD tidak mau diformat, artinya kartu SD tidak dapat digunakan lagi, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah membeli yang baru. Namun Anda harus merelakan video yang ada pada micro SD tersebut karena sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

4. Beli yang Baru

Terakhir, apabila kartu SD masih belum juga bisa menyimpan video, artinya kartu SD yang Anda miliki benar-benar sudah tidak bisa digunakan lagi. Solusi yang bisa dilakuka adalah membeli kartu SD yang baru.

Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko online atau offline. Namun pastikan Anda membeli kartu SD dengan kualitas yang baik. Misalnya merek V-Gen, Sandisk, Toshiba, Roker, Sony, dan yang telah memiliki nama atau brand terkenal.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai cara mengatasi cctv micro sd tidak merekam. Mudah-mudahan solusi yang kami bagikan ini bisa membuat CCTV micro SD Anda berfungsi normal kembali.

Baca:

Tinggalkan komentar