Cara Menghasilkan Uang dari WordPress

Tips Mendapatkan Uang Melalui WP

Digibaru.com – Cara menghasilkan uang dari WordPress. Selain blogger, kita juga bisa memanfaatkan WordPress untuk membuat website secara online dengan gratis, mudah, dan cepat.

Namun WordPress memiliki banyak keunggulan, di antaranya adalah bisa lebih dikustomisasi, memiliki banyak tampilan template, dan bisa dibuat untuk berbagai jenis kebutuhan website.

Karena keuntungannya semakin banyak, maka peluang untuk menghasilkan uang lewat WordPress pun juga kian beragam. Seperti jual beli template dan plugin WordPress, jasa instalasi WP, serta masih banyak lagi.

Di kesempatan ini kami ingin memberikan ulasan lengkap terkait cara menghasilkan dan mendapatkan uang dari WordPress. Simak langsung pembahasannya di bawah berikut ini.

Tips dan Cara Menghasilkan Uang dari WordPress

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai tips dan cara menghasilkan serta mendapatkan uang secara online dari WordPress. Simak di bawah berikut ini.

1. Menulis Artikel Bersponsor

Cara paling mudah dan gampang untuk mendapatkan uang dari WordPress adalah dengan membuat artikel bersponsor. Adapun artikel yang dibuat di dalamnya harus menyinggung atau mention produk/brand yang mengajak website Anda bekerja sama.

Biasanya peluang ini mudah didapatkan dan kita tidak perlu melakukan promosi. Sebab, jika traffic website kita sudah tinggi maka penawaran tersebut akan datang dengan sendirinya, yang penting kita memasukkan detail kontak email atau nomor hp aktif yang bisa dihubungi.

Besarnya uang atau penghasilan yang Anda peroleh dari menulis artikel bersponsor disesuaikan dengan kesepakatan Anda bersama klien. Biasanya klien melihat dari jumlah traffic, usia website, atau nilai domain authority (DA) dan page authority (PA) website Anda.

2. Rajin Ikut Lomba

Dalam beberapa tahun ke belakang, lomba blog banyak diadakan dengan penawaran hadiah menarik. Ada hadiah digital berupa domain dan hosting, ada pula hadiah fisik berupa smartphone, laptop, dan masih banyak lagi. Biasanya lomba ini berkaitan dengan kemampuan SEO Anda.

Artinya, pemenang ditentukan dari tingginya ranking website dengan kata kunci tertentu. Website dengan ranking tertinggi di halaman pertama mesin pencarian Google akan menjadi pemenangnya, sedangkan website yang memiliki ranking di bawahnya bisa mendapatkan hadiah hiburan.

Tapi mungkin sebagian orang berpikir memenangkan lomba hanya untung-untungan. Meski demikian bila Anda memiliki strategi yang jitu maka Anda bisa memenangkan hadiah tersebut, intinya jangan pernah menyerah dan ikuti saja lomba sebanyak-banyaknya maka kesempatan Anda menjadi pemenang juga semakin besar.

Buktinya jika kita melihat di media sosial, ada banyak orang yang memposting keberhasilannya meraih juara dalam kompetisi blog. Jika mereka saja bisa, mengapa kita tidak? Kita hanya perlu belajar dan terus belajar untuk berkembang menjadi semakin baik.

3. Membuat dan Menjual Plugin WordPress

WordPress banyak dipilih sebagai framework website karena lebih mudah dikustomisasi. Salah satu alasannya adalah karena melimpahnya plugin atau tambahan fitur dan fungsionalitas yang bisa kita peroleh dengan gratis maupun berbayar.

Pengembang plugin WordPress di dunia ini ada banyak sekali, mereka menjawab kebutuhan orang untuk melakukan sesuatu pada websitenya. Jika Anda memiliki permasalahan pada website dan tidak terdapat plugin untuk mengatasinya, maka Anda bisa membuat plugin tersebut.

Plugin tersebut kemudian bisa Anda jual kepada orang lain, karena mungkin ada banyak orang yang mengalami masalah serupa. Disarankan pula, Anda selalu meng-update plugin tersebut agar bisa berjalan lancar dengan versi WordPress terbaru.

4. Memasang Iklan WordAds

Program artikel bersponsor ini dihadirkan oleh WordPress, dinamakan dengan WordAds. Program ini memang diperuntukkan bagi pengguna blog WordPress gratisan dengan eksetnsi blog .wordpress.com. Hal ini dilakukan karena pengguna WordPress gratisan tidak bisa memasang iklan Google AdSense.

Namun berbeda halnya dengan WordPress self host dengan domain TLD, bisa dipasangi iklan Google AdSense. Tak heran banyak pengguna WordPress lebih memilih memasang domain TLD dibanding berekstensi .wordpress.com. Tapi ada program artilel bersponsor bagi pengguna wordpress gratisan.

Any content that promotes a specific product or service, which you were encouraged to post by the company or individual who makes/sells/provides it. Including this tipe of content on your site typically results in some kind of compensation for you in the form of payment, freebies, etc.

WordPress

Meski penghasilannya mungkin tak sebesar Google AdSense, namun ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memperoleh penghasilan dari WordPress. Sistem besaran penghasilan ditentukan oleh berapa banyak orang yang klik iklan di website Anda.

5. Menjalankan Program Afiliasi atau Referal

Ini merupakan cara menghasilkan uang dari internet paling lama dilakukan banyak orang. Selama ada internet, cara ini akan selalu bertahan dan menjadi peluang penghasil uang yang sangat mudah dilakukan, namun bisa memberi penghasilan yang begitu besar bagi Anda.

Bagi yang belum tahu, program afiliasi adalah program yang bertujuan untuk mendapatkan komisi dari hasil mempromosikan produk dan bisa mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Besarnya komisi tergantung pada kesepakatan Anda dengan klien.

Cara memperoleh uang dari sini dengan memanfaatkan WordPress adalah Anda perlu membuat artikel atau postingan yang berkaitan dengan program afiliasi tersebut. Lalu di akhir artikel Anda sertakan link refferal afiliasi ini dengan berharap akan ada orang yang mengkliknya.

Semakin banyak orang yang klik referral dari Anda, semakin banyak pula penghasilan yang bisa Anda himpun. Maka dari itu, sangat penting untuk meningkatkan traffic dan meningkatkan kemampuan copywriting Anda.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai cara mendapatkan uang dari wordpress. Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai cara memperoleh uang online melalui WordPress.

Baca:

Tinggalkan komentar