Cara Menghapus Rekaman CCTV

Hapus Rekaman Kamera CCTV

Digibaru.com – Cara menghapus rekaman CCTV. Penghapusan video rekaman CCTV harus dilakukan secaar rutin bila CCTV masih manual. Tapi, ada juga yang telah memiliki sistem penghapusan video CCTV secara otomatis.

Dan bila CCTV masih harus dihapus secara manual, Anda harus melakukannya secara rutin. Tujuannya ialah supaya memori yang ada di DVR bisa tetap tersisa sehingga dapat menyimpan rekaman video CCTV yang baru.

Seperti diketahui, CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television, merupakan perangkat keras yang menyerupai kamera dan digunakan untuk memantau, merekam, dan melihat situasi di lokasi tertentu meski kita tidak berada di lokasi tersebut.

Sedangkan DVR adalah singkatan dari Digital Video Recorder, merupakan sebuah perangkat CCTV yang terhubung langsung dengan memori. Memori inilah yang digunakan untuk merekam CCTV dan di sini pula kita melakukan penghapusan rekaman video CCTV yang sudah tidak digunakan.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan mengenai cara menghapus atau delere rekaman video CCTV di DVR secara manual. Baik DVR yang menggunakan memori 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, dan seterusnya.

Cara Hapus Rekaman CCTV

Untuk yang ingin menghapus rekaman CCTV di DVR secara manual, perhatikan tutorial ini. Perlu diketahui bahwa di sini kami akan memberikan tentang cara menghapus rekaman di CCTV secara manual, bukan otomatis.

Pasalnya, beberapa DVR CCTV memiliki sistem hapus otomatis yang bisa disetting per jam, hari, minggu, bulan, dan sebagainya. Berikut selengkapnya penjelasan cara menghapus video di DVR.

  • Pertama masuk ke halaman utama DVR bagian Main Menu.
  • Pilih bagian System.
  • Pilih bagian HDD Management.
  • Pilih Delete All Items untuk menghapus video CCTV yang tidak diperlukan.
  • Jika sudah, klik Restart.
  • Tunggu CCTV melakukan restart dan jika sudah, maka otomatis rekaman CCTV telah terhapus.

Sebagai informasi, cara ini bisa dilakukan pada berbagai merk CCTV, mulai dari Hikvision, Panasonic, Avtech, Samsung, Sony, Xiaomi, D-Link, Dahua, Anram, Infinit, dan sebagainya. Mungkin akan ada perbedaan pada beberapa versi DVR, tinggal menyesuaikan saja.

Akhir Kata

Sekian pembahasan singkat mengenai cara menghapus rekaman kamera cctv, semoga tutorial ini bisa membantu bagi yang inign hapus rekaman video di perangkat CCTV milik pribadi.

Baca:

Tinggalkan komentar