Cara Mendapat Uang dari YouTube

Tips Menghasilkan Uang Melalui YT

Digibaru.com – Cara mendapat uang dari YouTube. Pengguna YouTube sampai hari ini sudah sangat banyak sekali, apalagi sejak YouTube diakuisisi oleh Google penggunanya semakin berlimpah.

Salah satu alasan lain kenapa YT jadi media sosial video paling laris di dunia adalah karena adanya program afiliasi dengan Google AdSense. Sehingga pemilik channel YouTube bisa menghasilkan uang dari video yang diunggah.

Tidak hanya itu, masih banyak cara lain meghasilkan uang dari YouTube selain dari iklan Google AdSense. Mulai dari jual beli, jadi reviewer, influencer, serta masih banyak lagi.

Nah di sini kami akan mengulas berbagai cara dan tips menghasilkan uang dari YouTube baik dengan dan atau menggunakan Google AdSense. Semoga dapat menjadi inspirasi dan referensi bagi Anda pengguna YouTube.

Cara Cepat Mendapat Uang dari YouTube

Tanpa banyak basa basi lagi, berikut adalah ulasan lengkap tentang cara mendapat dan menghasilkan uang dari YouTube dengan mudah, gratis, tanpa modal, bagi pemula, langsung masuk ke rekening bank lokal.

1. Monetisasi

Monetisasi YouTube melalui iklan Google AdSense bisa dikatakan sebagai salah satu cara utama untuk menghasilkan uang melalui YouTube. Sama seperti iklan dipasang di TV, iklan monetisasi YouTube memiliki harga ditentukan oleh tarif, durasi, hingga jenis iklan.

Pada saat iklan telah terpasang di video, maka otomatis pengiklan akan membayarkan sejumlah uang kepada pihak YouTube. Lalu, pihak YouTube nantinya meneruskan uang tersebut kepada pemilik channel YouTube sesuai syarat dan ketetuan yang berlaku, termasuk mengenai pemotongan biaya.

Tak semua jenis akun bisa dimonetisasi, ada berbagai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi pemilik channel YouTube agar bisa memasang iklan di videonya. Adapun syarat umumnya adalah subscriber sudah berjumlah 1.000 dan video sudah ditonton selama 4.000 jam dalam jangka waktu 12 bulan terakhir.

2. Youtube Premium

Cara menghasilkan uang dari YouTube tidak hanya monetisasi melalui Google AdSense saja, melainkan ada juga YouTube Premium Revenue yang bisa jadi alternatif. YouTube pada dasarnya juga menghadirkan opsi premium atau berlangganan yang disebut dengan YouTube Premium.

Pada opsi premium ini, pelanggan akan membayar biaya berlangganan ke YouTube. Lalu jika seorang pengguna YouTube Premium menyaksikan video yang Anda unggah, nanti Anda bisa memperoleh porsi dari biaya berlangganan yang dibayarkan oleh pengguna tersebut.

Setelah itu uang yang diperoleh bisa ditransfer langsung ke rekening bank lokal maupun melalui PayPal. Namun pastikan bahwa konten yang Anda sajikan sesuai dengan panduan dan kebijakan YouTube Premium, yang tentunya berbeda dengan kebijakan monetisasi YouTube.

3. Jualan Video

Jika Anda sering menyaksikan infotainment atau berita gosip di TV yang menampilkan konten video Instagram maupun YouTube para artis, maka itu yang dimaksud dengan berjualan video. Pada intinya, video yang Anda ciptakan bisa muncul di kanal lain.

Sebenarnya cara mendapatkan uang dari YouTube dengan metode itu bisa terjadi hanya bila ada penawaran dari perusahaan TV saja. Para artis atau pemilik video bisa diberikan bayaran oleh pihak TV atas imbalan video yang mereka ciptakan tersebut.

Bila Anda memiliki video yang berkualitas dan bagus di channel YouTube, jangan lupa beri watermark agar tidak ada yang melakukan plagiat. Kemudian, Anda bisa menawarkannya ke pihak lain atau pihak lain bisa menghubungi Anda dengan sendirinya.

4. Sponsorship

Langkah berikutnya untuk memperoleh uang melalui YouTube adalah dengan sponsorship atau partnership. Kerja sama ini biasanya berupa penyelipan video promosi produk milik orang lain di tengah-tengah video yang kita unggah ke channel YouTube.

Pihak sponsor bisa saja tertarik dengan channel YouTube Anda dan mengajak Anda bekerja sama. Selain mempertimbangkan viewers yang tinggi, kuantitas subscribers juga menjadi penentu apakah channel Anda bisa dilirik sponsor atau tidak.

Selain penyelipan video promosi, kerja sama ini juga bisa berupa pemasangan logo di thumbnail, link ke situs klien di deskripsi video, maupun yang lainnya. Sudah banyak bukti YouTuber populer melakukan metode ini untuk menambah penghasilan dari YouTube secara langsung.

5. Afiliasi

Cara memperoleh uang dari YouTube berikutnya adalah program afiliasi. Afiliasi adalah salah satu cara mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosialisasi secara terarah. Biasanya banyak perusahaan sampai sekarang memanfaatkan metode ini untuk promosi.

Contohnya, seorang Vlogger bertemakan beauty atau fashion yang membicarakan alat-alat make up tertentu, kemudian menawarkannya pada berbagai perusahaan beauty dan fashion. Di sini, para endorser memasukkan link YouTube Anda di halaman resminya.

Tentu saja ini bsa menjadi penambah peluang channel Anda agar bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung. Selain itu Anda juga bisa memperoleh bagi hasil dari keuntungan penjualan produk sebesar 1-20% sesuai kesepakatan Anda dengan pihak penjual.

6. Jual Beli Channel YouTube

Meski sering menjadi perbincangan tentang jual beli channel YouTube, namun pada kenyataannya banyak yang melakukan kegiatan ini. Anda cuma perlu menjual channel YouTube kepada orang lain yang membutuhkan.

Pemasukan dari cara memperoleh penghasilan melalui YouTube ini tak kalah banyak dengan mengandalkan Google AdSense. Dalam sehari, Anda bisa memperoleh keuntungan hingga jutaan rupiah tergantung dari kualitas dan banyaknya channel YouTube yang Anda jual.

Biasanya orang-orang akan membeli channel YouTube yang sudah memiliki banyak subscribers. Tujuan mereka membeli channel YouTube ini adalah untuk mempromosikan produk, mengembangkan bisnis, atau bahkan memonetisasinya menggunakan Google AdSense.

7. Jual Produk atau Jasa

Cara berikutnya agar bisa mendapat uang melalui YouTube adalah dengan berjualan produk atau jasa di channel Anda. Apabila Anda bekerja di sebuah perusahaan tertentu, maka Anda bisa menjadikan channel YouTube sebagai tempat menambah conversion rate.

Selain itu jika Anda memiliki produk sendiri atau barang bekas yang tak terpakai, Anda juga bisa menjual produk tersebut melalui channel YouTube Anda. Cara ini terbilang efektif terutama bagi yang memiliki subscribers banyak di channel YouTube-nya.

Caranya adalah dengan membuat konten yang diselipi video promosi di akhir video dengan menonjolkan kualitas produk atau jasa Anda sehingga menarik perhatian pengunjung. Kemas video promosi tersebut dengan unik dan menarik, agar tak terkesan benar-benar mengiklankan.

Akhir Kata

Demikian ulasan singkat mengenai cara mendapatkan uang dari youtube. Anda bisa mengikuti salah satu atau beberapa cara di atas, tapi yang terpenting adalah konsisten supaya hasilnya memuaskan.

Baca:

Tinggalkan komentar