Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Tutorial Mengubah WA Pribadi Menjadi Bisnis

Digibaru.com – Cara membuat WhatsApp bisnis. Ketika Anda memulai bisnis, maka Anda akan membutuhkan akun media sosial bisnis juga. Tak terkecuali dengan WhatsApp Bisnis.

Dengan memiliki WhatsApp Bisnis, itu tidak hanya membuat akun Anda menjadi terlihat lebih resmi di mata pelanggan dan konsumen. Melainkan ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan.

Seperti balas pesan otomatis, mengatur jam waktu buka dan tutup kantor, menambahkan alamat di maps, alamat website, dan sebagainya. Kegiatan bisnis Anda pun akan menjadi semakin mudah dengan WA bisnis.

Tapi mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana caranya untuk membuat akun WhatsApp bisnis. Maka dari itu di kesempatan ini kami ingin menjelaskannya secara detail.

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Pembuatan WhatsApp bisnis sangat mudah dan gampang, tidak perlu mendaftar seperti ketika membuat centang biru Instagram. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tutorial berikut ini.

1. Download WhatsApp Business

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download WhatsApp Business. Anda bisa men-download-nya di Play Store secara gratis. Setelah itu, daftarkan nomor hp Anda sama seperti ketika Anda mendaftar akun WhatsApp biasa.

2. Buat Profil

Dalam langkah pendaftaran, setelah melakukan verifikasi nomor hp akun WhatsApp Business, langkah berikutnya adalah membuat profil dengan mencantumkan informasi bisnis Anda di menu Settings -> Business Settings -> Profile.

Anda perlu mengatur beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Nama bisnis: nama bisnis atau perusahaan Anda.
  • Alamat: alamat lengkap bisnis atau perusahaan Anda.
  • Kontak: nomor telepon perusahaan (boleh beda dengan nomor WA Business).
  • Jam operasional: waktu buka dan tutup bisnis atau perusahaan Anda.
  • Away Message: pesan otomatis saat sedang tidak aktif.
  • Greeting Message: pesan otomatis untuk yang baru pertama kali chat di WA.
  • Quick Replies: balasan pesan otomatis jika pelanggan mengirimkan pesan WA.

Fitur Lengkap WhatsApp Business

Ada berbagai fitur lengkap yang dimiliki oleh WhatsApp Bisnis. Bagi yang belum tahu secara keseluruhan, simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

1. Nama Akun Bisnis

Yang membedakan WA biasa dengan WhatsApp bisnis adalah pengaturan nama akun. Di WA biasa Anda bisa mengganti nama akun kapan saja, sedangkan di WA Bisnis tidak demikian, bahkan juga tidak bisa memasukkan emoji.

2. Profil

Profil yang ada di WA bisnis terdiri dari nama, alamat, kategori usaha, deskripsi, email, hingga website perusahaan Anda. Menu informasi tersebut tidak ada pada WhatSapp biasa. Konsumen juga bisa melihat info tersebut ketika berkunjung ke profil WA bisnis Anda.

3. Pesan Otomatis

WA bisnis menyediakan tiga jenis balasan otomatis yang tidak ada pada WhatsApp biasa. Berikut penjelasannya.

  • Away Message, yaitu pesan otomatis saat sedang tidak aktif.
  • Greeting Message, yaitu pesan otomatis untuk yang baru pertama kali chat di WA.
  • Quick Replies, yaitu balasan pesan otomatis jika pelanggan mengirimkan pesan WA.

4. Katalog

WhatsApp bisnis memiliki fitur katalog untuk menampilkan produk dalam profil WhatsApp bisnis Anda. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang bisa dicermati oleh konsumen ketika melihat profil Anda.

Pada katalog tersebut konsumen tidak hanya bisa melihat foto produk, namun juga bisa melihat keterangan detail dan harga produk. Cara menggunakannya adalah masuk ke menu Pengaturan -> Pengaturan Bisnis -> Katalog.

5. Statistik Pesan

Anda juga bisa meinjau statistik pesan pada WhatsApp Business. Mulai dari jumlah pesan yang terkirim, diterima, hingga dibaca. Fitur ini bisaAnda temukan pada meu WhatsApp Business -> Klik Tombol Menu -> Setelan -> Setelan Bisnis -> Statisik.

6. Kategori Bisnis

Di kolom profil WA bisnis, ada menu kategori bisnis. Anda bisa menentukan kategori bisnis yang cocok melalui dropwodn list yang sudah terdaftar. Namun jika kategori bisnis Anda tidak ada dalam list kategori tersebut, Anda bisa membuka menu ‘Others’.

Kategori bisnis ini berguna untuk memudahkan pelanggan mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan. Tentunya fitur ini tidak bisa Anda temukan pada WhatsApp biasa.

7. Label

Label adalah pengelompokan chat berdasarkan ketentuan-ketentuan tertentu. Pengelompokan pesan yang ada di WA binsnis meliputi prospek, pesan baru, menanti pembayaran, dan pesanan selesai.

Fitur label bisa Anda hapus atau tambah sesuai keinginan sendiir. Dengan adanya fitur ini Anda bisa membedakan chat mana yang belum atau sudah melakukan pembayaran. Anda juga bisa melakukan follow up untuk pelanggan yang belum melakukan pembayaran.

8. Centang Akun Bisnis

Di WhatsApp bisnis kita juga bisa melakukan verisifkasi centang biru melalui nomor yang sudah didaftarkan. Pihak WhatsApp bisnis bisa menambahkan centang biru di profil WA bisnis Anda agar terlihat resmi.

Dengan ini pelanggan bisa mengetahui bahwa akun WA bisnis Anda adalah akun resmi. Jadi, mereka tidak akan ragu lagi melakukan transaksi dan pembayaran.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan lengkap mengenai cara membuat akun whatsapp bisnis. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang masih bingung membuat WA bisnis dan mengembangkan usaha Anda.

Baca:

Tinggalkan komentar