Cara Membuat Instagram Bisnis

Tutorial Mengubah IG Pribadi Menjadi Bisnis

Digibaru.com – Cara membuat Instagram bisnis. Tidak hanya bisa digunakan untuk media sosial saja, upload foto dan eksis di internet, Instagram juga berperan mengembangkan bisnis Anda.

Pasalnya Instagram memiliki Instagram Ads atau Instagram Business yang bisa dimanfaatkan pelaku untuk mengiklankan produk barang dan jasanya di sana. Dengan demikian, banyak calon pelanggan yang bisa semakin dijangkau.

Pada kesempatan sebelumnya kami juga sudah membahas cara mendapat uang dari Instagram. Salah satunya adalah melalui iklan dan promosi produk melalui salah satu media sosial terbaik di dunia ini.

Tapi mungkin orang awam masih kebingungan cara setting dan mengatur Instagram Business. Maka dari itu, di pembahasan kali ini kami ingin mengulas tentang cara membuat akun Instagram bisnis.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai cara membuat akun Instagram bisnis dengan mudah di hp, smartphone, komputer, laptop, atau PC.

  • Langkah pertama adalah masuk ke halaman profil, lalu klik Pengaturan/Settings.
  • Setelah itu, masuk ke menu Account.
  • Kemudian pindah akun Anda menjadi Instagram bisnis dengan klik Switch to Business Account, lalu klik Continue.
  • Jika sudha, pilih jenis bisnis Anda, seperti Local Business, Personal Blog, Product/Service, Art, Musician/Band, dan banyak lagi.
  • Klik Next dan lanjutkan.
  • Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi alamat email dan telepon yang dicantukan sudah sesuai atau belum.
  • Berikutnya, Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram Business ke laman Facebook.
  • Jika tidak ada, Anda bisa memilih Don’t Connect to Facebook.
  • Sekarang, akun Instagram Bisnis Anda telah selesai dibuat.

Manfaat Instagram Business untuk Perusahaan

Jika memiliki akun Instagram bisnis, maka ada berbagai keuntungan yang bisa Anda miliki. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Promosi Makin Mudah

Manfaat akun bisnis di Instagram adalah memudahkan promosi produk And.a Jalin kerja sama dengan pihak Instagram untuk mengiklankan produk atau jasa Anda. Meski perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk membayar iklan, namun Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dengan iklan.

Pilih kiriman jenis apa yang ingin Anda jadikan sebagai iklan, audiensnya seperti apa, dan sebagainya. Bila ingin usaha semakin berkembang, tidak perlu ragu untuk menyisihkan budget untuk mempromosikan produk atau jasa Anda.

2. Jangkauan Lebih Luas

Keunggulan akun bisnis Instagram dibanding akun biasa adalah jangkauannya yang lebih luas. Saat memasarkan produk dengan memanfaatkan fitur ini, orang cenderung akan lebih tertarik dengan profil bisnis Anda, Akun usaha terlihat lebih profesional dibandingkan akun biasa.

Selain itu jika ingin memprluas lagi jangkauan akun bisnis, Anda bisa menghubungkannya dengan halaman Facebook. Dengan demikian respons dari pelanggan pada konten yang Anda kirimkan akan berkaitan dengan potensi mereka menjadi konsumen.

3. Praktis dengan Wawasan

Berbeda dengan akun pribadi, di akun bisnis ada fitur insight atau wawasan. Fitur ini bisa digunakan untuk melihat statistik, meliputi jumlah pengikut, kiriman, jumlah tayangan, jumlah klik situs, keseluruhan klik surel dan telepon, impresi profil, hingga jangkauan profil Anda.

Tidak hanya itu Anda juga bisa mengecek siapa saja yang sudah berkunjung ke profil Anda berdasarkan usia, gender, dan wilayah. Selain itu ada juga jumlah suka, komentar, dan kiriman yang disimpan oleh pengunjung profil. Dengan berbagai fitur ini Anda bisa mengetahui strategi marketing yang jitu untuk bisnis Anda.

4. Informasi Kategori Bisnis

Profil akun bisnis akan menampilkan informasi kategori usaha di bawah nama profil. KAtegori ini akan membuat akun Anda terlihat lebih profesional dan secara singkat bisa menunjukkan usaha apa yang Anda jalani. Kategorinya meliputi buku dan majalah, merk dan produk, perusahaan atau organisasi, usaha lokal, musik, film, olahraga, profesi, televisi, hingga website dan blog.

Maka dari itu akun usaha tidak hanya diperuntukkan untuk berdagang saja, melainkan juga profesi lainnya. Bila Anda sudah memberikan tambahan kategori pada halaman Facebook yang dihubungkan, maka secara otomatis kategori tersebut juga akan tercantum di profil IG bisnis Anda.

5. Analisis Target Pasar

And abisa mengecek waktu paling baik untuk mengunggah kiriman ke Instagram dengan fitur wawasa atau inssight. Anda bisa mengecek dan menganalisis di wakut mana saja kiriman paling banyak mendapat respons, analisis target pasar ini juga bisa menjadi salah satu teknik meningkatkan brand awareness.

6. Kontak dan Alamat

Satu hal yang membedakan akun bisnis dan biasa adalah adanya alamat dan kontak di bawah biodata profil. Anda bisa mengubahnya di ketentuan akun serta mengisinya sesuai kebutuhan. Ada alamat email, nomor telepon, ponsel, alamat bisnis, dan tombol tindakan.

Alamat bisnis ini akan memudahkan pelanggan mengetahui di mana lokasi binsis Anda. Ada pula tombol yang bisa diklik oleh pelanggan untuk melakukan transaksi di profil Instagram bisnis Anda.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan lengkap mengenai cara membuat akun instagram bisnis. Mudah-mudahan bisa membantu untuk siapa saja yang masih kebingungan mulai membuat IG bisnis.

Baca:

Tinggalkan komentar