rekaman cctv hilang
penyebab dan cara mengatasi rekaman cctv hilang

Berapa Lama Rekaman CCTV Hilang Otomatis

Rekaman Kamera Pengawas Bisa Terhapus Secara Otomatis

Digibaru.com – Rekaman CCTV hilang. Sebuah kamera CCTV memiliki batas seberapa banyak video yang telah direkam bisa disimpan dalam memori penyimpanan. Ini tergantung kapasitas HDD, SSD, atau micro SD yang digunakan.

Semakin besar kapasitas memori yang terpasang, semakin lama juga rekaman CCTV bisa tersimpan. Namun meski demikian, tentu ada kalanya sebuah rekaman CCTV terhapus atau hilang secara otomatis.

Hal tersebut biasanya karena kapasitas memori yang telah penuh. Sehingga, otomatis DVR atau CMS CCTV menghapus rekaman video yang lama dan menyimpan yang baru.

Di sini, kami akan menjelaskan perkiraan estimasi berapa lama video rekaman CCTV akan hilang atau terhapus secara otomatis. Namun sebelum itu mari simak ulasan di mana tempat penyimpanan video CCTV terlebih dahulu.

Rekaman CCTV Tersimpan di Mana

Biasanya rekaman video CCTV disimpan pada kartu memori, Saat ini penggunaan micro SD sebagai media penyimpanan CCTV banyak digunakan, sebab ada banyak keunggulan CCTV micro SD.

Adapun micro SD tersebut pada CCTV biasa disimpan di DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder). Sedangkan di IP Camera, biasanya disimpan menyatu dalam kamera CCTV.

Dengan demikian, jika ada yang bertanya rekaman CCTV di mana, maka jawabannya adalah disimpan di micro SD atau memori internal yang ada pada DVR, NVR, atau kamera CCTV.

Alasan Rekaman CCTV Terhapus

Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa penyebab video rekaman pada kamera CCTV hilang adalah karena kapasitas memori yang penuh. Namun selain itu, ada yang menyebabkan CCTV kehilangan rekamannya yang berkaitan dengan memori penyimpanan.

1. Memori Penuh

Ketika memori penuh, otomatis video rekaman CCTV yang lama akan terhapus dan digantikan dengan yang baru. Waktu penghapusan video rekaman CCTV ini bergantung pada kapasitas memori dan akan kami bahas lebih lanjut di bawah nanti.

2. Memori Rusak

Memori bisa rusak, baik microSd, SSD, atau HDD. Kerusakan ini terdiri dari dua jenis, yakni kerusakan fisik dan kerusakan sistem. Keduanya bisa menyebabkan CCTV kehilangan video rekamannya secara permanen alias tidak bisa dikembalikan.

Kerusakan fisik ini meliputi lecet, gosong karena terlalu panas, basah terkena air, maupun peyot atau bengkok akibat tertindih. Jika kerusakan ini terjadi, otomatis video yang tersimpan akan terhapus.

Sementara kerusakan sistem bisa terjadi karena virus atau salah penggunaan. Kerusakan seperti ini masih bisa diupayakan untuk diperbaiki dengan cara yang telah kami bahas pada cara mengembalikan video rekaman CCTV yang hilang.

Berapa Lama Rekaman CCTV Akan Hilang

Pada pembahasan sebelumnya kami sudah jelaskan bahwa video di memori CCTV bisa terhapus karena memori sudah penuh. Kamera CCTV juga akan bertahan sampai memori penuh. Jadi, bila memori hampir penuh maka kamera CCTV akan menghapus catatan sebelumnya.

Lalu, berapa kapasitas memori yang diperlukan untuk merekam pengawasan video selama sehari? Biasanya, untuk HDD CCTV 4 GB akan bisa merekam 16 kamera pengawas video hingga 7 hari. Artinya sebagai berikut:

  • 4096 GB/16 = 128 GB. Satu kamera CCTV memerlukan memori 128 GB untuk merekam hingga 7 hari.
  • 128 GB/7 = 18,2 GB. Untuk merekam dalam satu hari (24 jam), satu kamera CCTV memerlukan memori hingga 18,2 GB.

Perlu digarisbawahi bahwa apa yang kami jelaskan tersebut hanya perumpamaan saja. Kapatias memori bisa lebih cepat habis jika kualitas video CCTV yang direkam lebih bagus, misalnya 4K, 8K, dengan format MP4, AVI, H.256, dan sebagainya.

Anda dapat secara langsung menghitung kebutuhan untuk memori pengawasan video yang diperlukan menggunakan aplikasi CCTV berikut: CCTV Calculator.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai berapa lama rekaman cctv akan hilang. Mudah-mudahan informasi yang kami bagikan ini bisa bermanfaat untuk Anda yang tengah mencari tahu kapan rekaman CCTV terhapus.

Jika ada pertayaan silahkan cantumkan pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa pula baca artikel menarik kami lainnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Baca:

Kata Kunci:
kapasitas CCTV penuh, lama penyimpanan cctv, rekaman cctv bertahan berapa hari, tempo waktu masa berlaku rekaman cctv